Turun ke Lapangan, Kasi Bimas Kemenag Lebong Ukur Arah Kiblat

Lebong (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Arief Azizi,S.Ag.,M.H melalui Kasi Bimas Islam Malvinas RNBS,S.IP.M.Pd Dalam Kunjungan Kerja di Kecamatan Uram Jaya, kegiatan yang dilakukan dari Satuan Kerja Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong, yang melakukan pengukuran arah kiblat terhadap Musholla Nurul Hidayat Desa Kota Agung Kecamatan Uram Jaya, pada pukul 11.17 Wib. (Senin, 15/01/2024).

Pada pengukuran arah kiblat ini Kasi Bimas bersama Staf Bimas, Kepala KUA, dan Penyuluh KUA Uram Jaya turun kelokasi untuk mengukur arah kiblat di musholla tersebut. Hasil dari pengukuran arah kiblat pada Mushola Nurul Hidayat Desa Kota Agung dengan Alat yang digunakan dalam pengukuran ini adalah Indikator Kibata atau juga disebut dengan Kompas Kiblat dan dan busur .

Garis Lintang 3°6’5.2” LS Garis Bujur 102”13’12” BT, Arah Kiblat 295°11’26,18”, Sudut Kiblat dari Arah Matahari 182”19’8.15”. Selisih yang begitu jauh dari titik koordinat yang lama Namun pada akhirnya semua keputusan untuk mengubah arah kiblat yang seharusnya kembali pada kesepakatan dari pengurus Masjid dan Kepala Desa Dan KUA setempat. Alat yang digunakan dalam pengukuran ini adalah Indikator Kibata tau juga disebut dengan Kompas Kiblat. Tujuan dari pengukuran arah kiblat ini untuk memastikan arah kiblat sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Mengingat musholla yang lama sudah rapuh akan dibuat Musholla yang baru semoga dengan adanya pengukuran arah kiblat ini bisa sholat sesuai arah kiblat dan tuntutan nabi Muhammad SAW.

Kasi Bimas Islam Malvinas RNBS,S.IP.M.Pd berpesan agar semua masjid maupun musholla yang kiblatnya belum pernah diukur maupun untuk pembangunan masjid dan musholla diharapkan melapor atau membuat surat Ke KUA atau langsung ke bagian Bimas Islam sehingga bisa langsung kami ukur arah kiblatnya. Jangan khawatir untuk soal biaya semuanya gratis tanpa dipungut biaya apapun.ungkap malvin.


TERKAIT

Berita LAINNYA