Terima Mahasiswa PPL UINFAS, Ka. KUA Singaran Pati : Selalu Jaga Etika

Terima Mahasiswa PPL UINFAS, Ka. KUA Singaran Pati : Selalu Jaga Etika

Kota Bengkulu (Humas) --- Mahasiswa Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (UINFAS) Bengkulu melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Singaran Pati.

Penyerahan mahasiswa PPL ini dilaksanakan pada hari Senin pagi, 12 Agustus 2024. Penyerahan dilaksanakan oleh Dosen Pembimbing yaitu Risfiana Mayangsari, M.H. kepada Kepala KUA Singaran Pati Bapak Marlius Putra, S.Ag,. M.HI. bertempat di ruang Kepala KUA. Adapun mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan PPL di KUA Singaran Pati ini berjumlah 4 (empat) orang mahasiswa dengan waktu pelaksanaan selama 40 (empat puluh) hari.

Sebagai informasi, PPL adalah suatu program kegiatan bagi mahasiswa yang turun langsung ke lapangan dan berhadapan langsung kepada masyarakat. PPL ini juga merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk pelatihan mandiri yang diarahkan kepada terbentuknya kemampuan mahasiswa yang terjadwal sesuai dengan arahan dosen pembimbing dan pamong. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memperoleh pengetahuan dan kemampuan profesional yang tidak diperoleh dari kampus.

“Semoga dalam melaksanakan PPL para mahasiswa dapat membantu KUA disini dengan baik, sehingga mereka mendapatkan pengalaman lapangan yang baik untuk kedepannya. Harapan saya mereka selalu menjaga tingkah laku dan etika selama di KUA serta selalu mengikuti arahan selama berada disini,'' Ujar Kepala KUA Singaran Pati Bapak Marlius Putra, S.Ag,. M.HI.

Kedatangan mahasiswa disambut sangat hangat oleh para pegawai dan staf di KUA Singaran Pati. Mereka sangat senang dengan adanya mahasiswa PPL, kerena mereka sangat terbantu. Pelayanan pada KUA ini dimulai pada pukul 07.30-16.00 WIB pada hari Senin-Kamis, sedangkan pada hari jum’at dimulai pada pukul 07.30 -16.30 WIB, Sabtu dan Minggu pelayanan di KUA libur.

Di momen berbeda, Rika Feru Suyanto S.HI., M.H selaku Pamong memberikan arahan kepada mahasiswa untuk bertugas dibagian pelayanan administrasi. Menjelaskan syarat-syarat nikah, berkas-berkas untuk membuat surat rekomendasi pindah wilayah nikah, kemudian berkas-berkas surat lainnya yang berhubungan dengan KUA.

"Tentunya mahasiswa juga bertugas melayani masyarakat yang akan melegalisir buku nikah, mencatat daftar nama para Calon Pengantin (Catin) yang akan mengikuti kegiatan Badan Penasihat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan yang sering disingkat dengan BP4,'' jelasnya. 

Dilaksanakan setiap hari Senin pada pukul 09.00-11.00 Wib. Kegiatan ini diisi oleh petugas Penyuluh/Penghulu KUA Singaran Pati dan dari Puskesmas Lingkar Timur. Selain itu ada agenda kegiatan rutin lain yang dilakukan KUA yaitu setiap Jum’at pagi dengan kegiatan Senam Sehat, hal ini dilakukan demi menjaga kebugaran jasmani bagi setiap pegawai KUA Singaran Pati dalam menunjang kinerja dalam pelayanan masyarakat". Pungkas Rika Feru Suyanto S.HI., M.H. (ekowan/humas)


TERKAIT

Berita LAINNYA