Sinergitas Puskesmas dan KUA dalam Edukasi Kesehatan Reproduksi bagi Catin di Sindang Kelingi

REJANG LEBONG (HUMAS) ---  Pemberian informasi mengenai kesehatan reproduksi bagi calon pengantin (catin) dinilai penting untuk mempersiapkan mereka menghadapi kehidupan pernikahan. Sinergitas antara Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Kantor Urusan Agama (KUA) di Kecamatan Sindang Kelingi terus ditingkatkan guna memberikan edukasi yang tepat bagi para catin.(09/09/2024)

Kepala Puskesmas Sindang Kelingi, Juliansyah, A.Kep., menyampaikan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan KUA untuk meningkatkan pemahaman catin seputar kesehatan reproduksi dan persiapan pernikahan. "Para catin diajarkan bagaimana mengelola persiapan pernikahan, bukan hanya menangani masalah setelah pernikahan terjadi," ungkapnya dalam acara Pertemuan Sinergitas Program Pelayanan Kesehatan Reproduksi bagi Catin di Aula KUA Sindang Kelingi, Senin (09/09/2024).

Lebih lanjut, Juliansyah menjelaskan bahwa Puskesmas selain melakukan pemeriksaan kesehatan, juga akan memberikan konseling bagi catin. Jika ditemukan gangguan kesehatan, Puskesmas akan merujuk catin untuk penanganan lebih lanjut.

Sementara itu, Kepala KUA Sindang Kelingi, Samijan, S.Ag., M.HI., menambahkan bahwa KUA juga akan memaksimalkan seminar pra-nikah yang mencakup kesiapan fisik dan mental menghadapi rumah tangga, serta upaya mewujudkan keluarga yang sakinah. "Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu para catin mendapatkan bimbingan dan pengetahuan yang memadai sebelum menikah," ujarnya.

Sinergi antara kedua lembaga ini dinilai mampu memberikan dampak positif, terutama dalam hal edukasi kesehatan dan pengurangan angka perceraian.(slamet)


TERKAIT

Berita LAINNYA