Pertemuan Tokoh Lintas Agama, PAI KUA Ratu Samban : Hindari politik uang, Ujaran kebencian

Pertemuan Tokoh Lintas Agama : PAI KUA Ratu Samban Ikut Bersinergi

Kota Bengkulu (Humas) -- Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bengkulu mendatang, Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Bengkulu bersama tokoh agama menggelar Pertemuan Tokoh Lintas Agama Kota bengkulu Tahun 2024. Acara ini terlaksana bertempat di Hotel Wilo Kota Bengkulu, pada Senin, 26 Agustus 2024.

Pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara pemerintah dan pemuka agama dalam menjaga ketertiban, keamanan, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada.

Hadir dalam pertemuan ini adalah para tokoh dari berbagai lintas agama di Kota Bengkulu. Mereka sepakat untuk berkolaborasi dengan pemerintah dalam mengawal Pilkada agar berjalan dengan jujur, adil, dan damai.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bengkulu sekaligus merupakan Penyuluh Agama Islam (PAI) Kantor Urusan Agama (KUA) Ratu Samban Buya H. Yulkamra, M. Pd.I.  menyatakan bahwa para tokoh agama siap mendukung Pilkada yang bersih dan damai.

"Kami menghimbau kepada umat untuk menghindari politik uang, ujaran kebencian, dan tindakan provokatif lainnya yang dapat memecah belah persatuan". Ujarnya.

Salah satu poin utama yang dibahas dalam pertemuan ini adalah pentingnya menyampaikan pesan-pesan damai melalui tempat-tempat ibadah. Tokoh agama diminta untuk menyampaikan kepada umat, pentingnya menjaga persatuan dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang dapat menimbulkan perpecahan. Selain itu, pemerintah daerah dan tokoh agama sepakat untuk terus melakukan dialog dan komunikasi intensif selama masa kampanye hingga hari pemungutan suara.

Pertemuan ini juga menekankan pentingnya menjaga netralitas tempat ibadah dari kegiatan politik praktis. Tempat ibadah diharapkan menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi semua umat, tanpa terpengaruh oleh aktivitas politik.

Acara diakhiri dengan deklarasi bersama antara pemerintah dan tokoh agama untuk menyukseskan Pilkada Bengkulu 2024. Deklarasi ini berisi komitmen bersama untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan persatuan selama proses Pilkada, serta memastikan bahwa Pilkada berlangsung secara damai dan bermartabat.

Dengan sinergitas antara pemerintah dan tokoh agama, Pilkada Bengkulu 2024 diharapkan dapat berjalan lancar, dengan partisipasi masyarakat yang tinggi dan hasil yang mencerminkan aspirasi rakyat. (Nisa/PopiHumas)


TERKAIT

Berita LAINNYA