Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Air Periukan beserta Mt Darul Ummah Suguhkan Pembacaan Al-berjanzi Dalam Bulan Maulid

Seluma (Humas)--Salah satu Program Penyuluh Agama Islam Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Air Periukan yaitu melaksanakan kegiatan penyuluhan di Majlis Taklim (MT) Darul Ummah yang berlokasi di Desa Tawang Rejo salah satu rumah warga yaitu ibu Musiyah, Kegiatan ini dipandu oleh Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Air Periukan yaitu Nikma Nur Rohma, S.H.I di mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai. Jum'at, 06/09/2024

Acara penyuluhan kali ini berfokus pada Perayaan bulan Mauli atau hari kelahiran Rasulullah SAW. diperingati setiap satu tahun sekali oleh seluruh umat muslim pada bulan Rabiul awal dengan bersama-sama membaca Al-berjanzi, Tujuan dari perayaan Maulid Muhammad SAW bukan euforia semata melainkan untuk lebih mengenal sosok teladan ummat yang begitu mulia dan cinta kepada ummatnya.

Melalui sesi ini, Nikma berharap ibu-ibu Majelis Taklim dapat meningkatkan pemahaman mereka mengenai hikmah membaca Al-berjanzi di bulan maulid ini serta memperbaiki teknik membaca Al-berjanzi, adanya perayaan maulid nabi kita bisa lebih mengingat perjuangan Nabi Muhammad Saw dalam membela Islam. Dengan mempelajari kisahnya diharapkan kita bisa mengambil pelajaran hidup dan meneguhkan hati dalam menghadapi berbagai masalah yang ada. 

Peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, atau Maulid Nabi Muhammad SAW, diyakini telah dikenal oleh masyarakat muslim,  setidaknya sejak tahun kedua hijriah. Namun ada pula yang meyakininya peringatan maulid telah ada sejak zaman Nabi SAW. Terdapat beragam versi mengenai awal mula peringatan Maulid Nabi SAW.

Nikma Nur Rohma, S.H.I selaku Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Air Periukan menjelaskan bahwa Al-Barzanji dibaca saat perayaan Maulid supaya masyarakat dapat memahami kitab barazanji secara mudah yang terdiri atas sirah nabawiyyah (Sejarah Nabi). Pembacaannya menunjukkan adanya akulturasi ajaran islam dengan kultur masyarakat dengan tujuan lebih bisa memahami dan meneladani sifat dan teladan Nabi Muhammad SAW yang ada didalam kitab barazanji, Tuturnya. 

Secara terpisah Selaku Kepala KUA Kecamatan Air Periukan Harun, S.Ag, MH. Mengungkapkan “Harapan dengan dilaksanakannya bulan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1445 Hijriah dengan banyak banyak membaca Al-berjanzi ini dapat menambah kecintaan kita terhadap Nabi Besar Muhammad SAW dengan mengikuti ajarannya dan dapat menerapkannya di dalam menjalankan tugas sehari-hari, Tandasnya.(Naf/Lili)


TERKAIT

Berita LAINNYA