Pentingnya Meneladani Akhlak Dan Perjuangan Nabi,MAN 2 Lebong Menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H

(Lebong) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Lebong menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H dengan penuh khidmat dan meriah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang kelahiran Nabi Muhammad SAW sekaligus menumbuhkan rasa cinta dan penghormatan kepada sosok teladan umat Islam tersebut, Selasa (24/09/2024) di Musholla Al-Mujahidin MAN 2 Lebong.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad di MAN 2 Lebong ini bertema “Meneladani Keteladanan Nabi Muhammad SAW Sebagai Bekal Pribadi Yang Unggul”.

Kegiatan yang berlangsung di Musholla Al-Mujahidin MAN 2 Lebong dihadiri oleh seluruh peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan. Acara Maulid dimulai dengan lantunan shalawat Nabi dan Hadrah oleh grup Syabbanul Madinah peserta didik MAN 2 Lebong yang di bawah bimbingan M.Thoha, S.Pd yang membawa suasana menjadi semakin syahdu.

Acara dipandu oleh peserta didik dan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran Tilawah dan Saritilawah oleh peserta didik, sambutan kepala madrasah dan ketua pelaksana serta diteruskan dengan tausiyah oleh Ustadz Rian Monda, Lc.

Kepala MAN 2 Lebong Zulkarnain, M.Pmat dalam sambutannya menyampaikan pentingnya meneladani akhlak dan perjuangan Nabi Muhammad SAW. “Maulid Nabi bukan sekadar memperingati kelahiran beliau, tetapi juga menjadi momen bagi kita semua, khususnya generasi muda, untuk meneladani sifat-sifat beliau seperti jujur, amanah, dan peduli terhadap sesama, dan mengamalkan ajaran nya” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga diadakan ceramah keagamaan yang disampaikan oleh Ustadz Rian Monda, Lc. Dalam ceramahnya, Ustadz Rian pertama-tama membawa suasana khidmat dengan mengisahkan kembali bagaimana kisah Nabi Muhammad SAW dari beliau lahir hingga berjuang menyebarkan Islam.

Selanjutnya Ustadz Rian mengatakan jika kita bersyukur atas kelahiran Nabi Muhammad SAW maka semoga Allah menjauhkan kita dari siksa api neraka. Beliau membawa tausiyah dengan suasana yang meriah karena melibatkan keaktifan para peserta didik yang tampak antusias.

Pada sesi penutup, beliau menyampaikan pentingnya meneladani Akhlak Rasulullah SAW untuk membangun generasi muda Islami yang berkarakter serta menerapkan ajaran Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam hal membangun generasi muda yang Islami serta memperkuat iman dan takwa.

Para peserta didik tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian acara, yang tidak hanya mengedukasi tetapi juga meningkatkan semangat religius mereka. Dengan peringatan Maulid Nabi ini, diharapkan seluruh keluarga besar MAN 2 Lebong dapat semakin mempererat rasa kebersamaan dan semakin meneladani sifat-sifat mulia Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari. (LL)


TERKAIT

Berita LAINNYA