Pengukuhan BKM Kecamtan, Ketua BKM Seluma Selatan Siap Menjalankan Tugas

Seluma (Humas) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Seluma, turut mengukuhkan pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) tingkat Kecamatan se-Kabupaten Seluma dengan masa khidmat 2023 - 2027, di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Seluma pada Kamis (14/12). Dimana pengukuhan pada hari ini terdiri dari 4 (Empat) Kecamatan, yaitu: Kecamatan Seluma, Kecamatan Seluma Selatan, Kecamatan Seluma Timur, dan Kecamatan Seluma Utara yang berjalan dengan lancar. Pengukuhan ini dikukuhkan oleh Kepala Kemenag Kabupaten Seluma yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Bimas Islam Ahmat Marhean, S.Ag.

Hal itu dilaksanakan Kemenag Kabupaten Seluma, sebagai upaya revitalisasi dalam arti mendorong kerja terstruktur, sistematis dan masif pada BKM tingkat kecamatan se-Kabupaten Seluma. Sehingga, diharapkan BKM Kabupaten Seluma semakin berdaya dan masjid-masjid semakin terberdayakan, sehingga berdampak pada kesejahteraan umat, bangsa dan negara.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala KUA Kecamatan Seluma Selatan Elon Suparlan, S.H.I.,M.H yang turut dikukuhkan pada hari ini sebagai Ketua Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Kecamatan Seluma Selatan, bahwasannya kami selaku Ketua BKM Kecamatan Seluma Selatan siap memegang teguh amanah dan tanggung jawab serta melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.  Masjid adalah sebagai sumber peradaban umat Islam dan sebagai sentra kegiatan sosial bagi masyarakat, Jadi harus kembali dijalankan sistem yang sudah ada dengan tatanan yang baru, dengan semangat yang baru untuk menghidupkan kembali kegiatan-kegiatan sosial yang ada di masyarakat sekitar masjid.

“Kedepannya, BKM akan menjadi wadah besar demi kesejahteraan masjid,  dimana BKM adalah lembaga resmi yang dibentuk oleh Kementerian Agama untuk meningkatkan peran dan fungsi masjid sebagai tempat ibadah dan sarana pembinaan umat Islam. BKM bertujuan meningkatkan kesejahteraan masjid atas dasar taqwa, melalui peningkatan manajemen (idarah), kemakmuran (imarah) dan pemeliharaan (riayah).” Tegas Elon.

Diakhir arahannya, Kepala Kemenag Kabupaten Seluma yang diwakili oleh Kepala Seksi Bimas Islam Kabupaten Seluma Ahmad Marhean, S.Ag berharap BKM ini tidak hanya digerakan oleh Kementerian Agama tetapi oleh seluruh kekuatan yang ada di Kabupaten/Kota, ormas dan lembaga keagaman yang ada. keterlibatan semua pihak ini akan menjadi kekuatan Kemenag yang bisa bersinergi langsung dengan masyarakat. (Eka/Riska)


TERKAIT

Berita LAINNYA