Pengajian Bulanan, PAI KUA Kabawetan Bahas Pentingnya Menuntut Ilmu Agama

Pengajian Bulanan, PAI KUA Kabawetan Bahas Pentingnya Menuntut Ilmu Agama

Kepahiang (Humas) --- KUA Kecamatan Kabawetan dan Badan Kontak Majelis Ta’lim (BKMT) Kecamatan Kabawetab menggelar kegiatan pengajian bulanan di masjid Muamallah Kelurahan Tangsi Baru yang dihadiri oleh seluruh Pengajian  Desa dan Kelurahan se-Kecamatan Kabawetan, Jumat (09/08/2024)

Pengajian pada kesempatan ini diisi Ustadz Ali Akbar, MH yang sekaligus menjabat sebagai Kepala KUA Kecamatan Bermani Ilir. Dalam tausiyahnya Ustad Ali Sapaan akrabnya, mengutarakan seputar ayat tentang pentingnya menuntut ilmu agama.Dalam ceramahnya ustadz Ali menyampaikan bahwa dengan ilmu kita dapat membedakan antara benar dan salah melalui ilmu pengetahuan, sehingga bisa memahami kewajibannya sebagai manusia yang bertaqwa menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, maka Allah SWT akan mengangkat derajat manusia di dunia dan di akhirat nanti. 

“Ilmu pengetahuan berperan penting bagi manusia. Manusia tidak akan hidup lebih baik tanpa memiliki ilmu. Oleh karena itu, mari kita gunakan waktu sebaik-baiknya untuk menuntut ilmu yang bermanfaat. Kewajiban mencari ilmu telah dijelaskan di dalam Al-Quran dan Hadits. Belajar adalah kewajiban bagi setiap manusia, karena berguna untuk meningkatkan potensi diri. Manusia dapat mengetahui wawasan yang sebelumnya tidak dimengerti. Sehingga kita sebagai umat muslim sebaiknya memperhatikan dalam hal belajar, karena telah diketahui keutamaan para penuntut ilmu di dalam Islam,” sebut Ali.

Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Kabawetanan, Darsun Awalmi,S.Sos.I., yang juga berkesempatan menyampaikan materi, mengatakan  bahwa dengan  ilmu yang membuat manusia lebih mulia, tidak melalui harta atau nasabnya. Begitupun dalam sebuah Hadits disebutkan juga keutamaan mempelajari ilmu pengetahuan.

“Begitu banyak ilmu yang bisa dipetik oleh jamaah sekalian yang hadir yang dapat kita jadikan pelajaran dan tolak ukur untuk menilai seberapa penting kita dalam  menuntut ilmu,” tutup Darsun.(DA)


TERKAIT

Berita LAINNYA