kemenag

Pelaksanaan PAS Berbasis CBT dan PBT MIN 4 BS Berjalan Sukses

Bengkulu Selatan (Humas) - MIN 4 Bengkulu Selatan melaksanakan Penilaian Akhir Sekolah (PAS) Tahun Pelajaran 2023/2024. PAS adalah penilaian yang dilakukan pada akhir semester. Penilaian ini dilakukan untuk mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan peserta didik dalam satu semester. PAS berlangsung selama 5 hari dari tanggal 3 sampai 7 Juni 2024. Sejak hari pertama hingga hari keempat terpantau berjalan lancar meskipun terdapat kendala listrik yang mati. Namun, panitia PAS dan pihak sekolah segera mencari solusi dengan menggunakan generator listrik pengganti.

Pelaksanaan PAS di MIN 4 Bengkulu Selatan diikuti peserta didik dari kelas 1 sampai 5, dengan menggunakan dua sistem ujian, yaitu CBT dan PBT. Kelas 1 sampai 4 menggunakan sistem PBT, sedangkan kelas 5 menggunakan sistem CBT.

"Pelaksanaan PAS atau evaluasi pembelajaran di MIN 4 Bengkulu Selatan menerapkan dua sistem, yaitu CBT dan PBT. Sistem CBT ( Computer Based Test ) yaitu sistem yang menggunakan perangkat komputer, dalam hal ini handphone android yang terhubung ke internet (online). Sedangkan PBT (Paper Based Test) adalah sistem yang tidak menggunakan sarana internet untuk pelaksanaan PAS, melainkan menyediakan fasilitas kertas dan pensil ". Ujar Fema Anggriani, M. Pd selaku Kamad MIN 4 Bengkulu Selatan.

Pelaksanaan evaluasi pembelajaran terdapat kelebihan yang didapatkan dalam penggunaan sistem CBT diantaranya dapat menampilkan detail gambar dan beragam warna, maka peserta siswa lebih mudah memahami soal dan memilih jawaban. Sedangkan pada penggunaan sistem PBT terdapat kelemahan, yaitu tidak dapat menampilkan gambar dan warna yang jelas karena soal yang diberikan dalam bentuk potokopi dan pada sistem PBT juga memiliki resiko tinggi pada peserta didik untuk melakukan kecurangan. Sehingga untuk meminimalisir kelemahan dan resiko tersebut, soal untuk PAS yang nantinya menggunakan sistem PBT diprint dengan lebih jelas dan pelaksanaan PAS diawasi penuh oleh guru pengawas.

Fema berharap pelaksanaan PAS dengan dua sistem, yaitu PBT dan CBT dapat berjalan dengan lancar hingga akhir pelaksanaan dan peserta didik dapat memperoleh hasil yang memuaskan.

Kontributor : Metra Hauliza
Editor : Toni Pergo


TERKAIT

Berita LAINNYA