PAI KUA Sungai Serut Jelaskan 5 Adab Sehari-Hari yang Wajib Dipahami

PAI KUA Sungai Serut Jelaskan 5 Adab Sehari-Hari yang Wajib Dipahami

Kota Bengkulu (Humas) --- Penyuluh Agama Islam (PAI) Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sungai Serut, Harmidah, S.Ag. mengatakan setidaknya ada lima adab dalam kehidupan sehari-hari yang wajib dipahami dan diterapkan.

Dijelaskan Harmidah, adab pertama ialah adab meludah, adab ini merupakan adab yang sederhana namun dampaknya begitu terasa, jika kita tidak punya adab meludah ini.

Adab meludah, kata Harmidah, tertera dalam Hadist Riwayat Bukhari No. 408 dan Muslim No. 548, yang artinya, jika seseorang dari kalian ingin meludah, janganlah sesekali ia meludah kearah depan atau ke arah kanan. Hendaklah ia meludah ke arah kiri atau  dibawah telapak kaki sebelah kiri.

"Lalu juga ada hadist lain, dari Abu Dawud No. 3824, shahih dalam Ash Shahihah yang artinya, barang siapa yang meludah kearah kiblat, ia akan datang pada hari kiamat dalam keadaan ludahnya diantara kedua matanya". Ungkap Harmidah kepada Kontributor Berita KUA Sungai Serut, Senin (17/9/2024).

Selain itu, kata Harmidah, adab kedua yaitu adab menguap, adapun menguap, maka dia dari setan. Tertera dalam hadist riwayat Al-Bukhari No.6223 dan Muslim No.2994, yang artinya, bila seorang menguap hendaklah ia menahan semampunya, bila seorang menguap sampai keluar ucapan 'haaah', setan akan menertawakannya.

Untuk adab ketiga, papar Harmidah, adab masuk kamar mandi, tahapannya, membaca doa terlebih dahulu, 'Allahumma  innii a'uudzubika minal khubutsi wal khabaaitsi', lalu masuk menggunakan kaki kiri, keluar kaki kanan. Yang terpenting, buang air kecil atau besar jangan menghadap atau membelakangi kiblat.

"Selain itu, jangan berlama-lama di kamar mandi, jangan boros air dan sehabis buang air kecil bilas sampai bersih". Kata Harmidah.

Untuk memperkuat adab masuk kamar mandi, kata Harmidah, sudah dijelaskan dalam hadist riwayat Ad-Daruqthni dalam Sunnahnya No.459, yang artinya, bersihkanlah diri kalian dari air kencing, karena sesungguhnya kebanyakan siksa kubur berasal darinya.

Selain itu, untuk adab keempat, kata Harmidah, adab makan dan minum, ikuti langkah-langkah berikut, membaca doa sebelum dan setelahnya, makan dan minum dalam keadaan duduk, jangan meniupi makanan/minuman, bila panas tunggu dingin/kipasi, makan dan minum menggunakan tangan kanan.

Adab yang terakhir ini, Harmidah menjelaskan ini yang paling penting untuk diterapkan, yaitu adab dan sunnah sebelum tidur, hal ini agar tidur kalian tidak diganggu oleh makhluk halus.

Untuk adab dan sunnah sebelum tidur, berikut tahapannya, membersihkan tempat tidur, berdzikir dan berdoa, membaca ayat kursi, membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas, membaca surah Al-Mulk, dan terakhir membaca 2 ayat terakhir surah Al-Baqarah.

"Siapa yang membaca dua ayat terakhir surah Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan". Papar Harmidah sembari membacakan ayat dan artinya dari Hadist Riwayat Bukhari No.5009 dan Muslim No.808. (Fadian/PopiHumas)


TERKAIT

Berita LAINNYA