PAI KUA Ratu Samban, Pembinaan Remaja Masjid Al-Ikhlas

Transformasi Melalui Pembinaan Remaja Masjid oleh PAI KUA Ratu Samban

Kota Bengkulu (Humas) --- Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ratu Samban menggelar kegiatan pembinaan Remaja Masjid di Masjid Al-Ikhlas Kecamatan Ratu Samban. Kegiatan ini diinisiasi oleh Penyuluh Agama Islam (PAI) KUA Kecamatan Ratu Samban sebagai upaya untuk membentuk generasi muda yang berakhlak mulia dan memiliki pemahaman agama yang kuat.

Pembinaan ini dihadiri oleh Pengurus Masjid dan beberapa remaja yang aktif dalam kegiatan masjid di wilayah Kecamatan Ratu Samban. Dalam kegiatan tersebut, Penyuluh Agama, Ustadz H. M. Awaludin, M.Ag. menyampaikan pentingnya peran remaja dalam menjaga dan memakmurkan masjid.

"Remaja adalah generasi penerus yang akan memimpin umat di masa depan. Oleh karena itu, pemahaman agama yang baik serta keterlibatan aktif di masjid sangatlah penting". Ujar Ustadz H. M. Awaludin, M.Ag

Materi pembinaan meliputi pengenalan tentang peran remaja dalam Islam, pentingnya menjaga akhlak, serta bagaimana cara berdakwah yang sesuai dengan ajaran agama. Para remaja juga diberikan motivasi untuk terus mengembangkan diri, baik dalam aspek spiritual maupun sosial, sehingga dapat menjadi teladan bagi remaja lainnya.

Selain materi keagamaan, pembinaan ini juga dilengkapi dengan sesi diskusi di mana para remaja bisa bertanya dan berbagi pengalaman terkait kegiatan mereka di masjid. Diskusi ini menjadi wadah bagi para remaja untuk mengemukakan ide-ide kreatif yang dapat diterapkan dalam memakmurkan masjid, seperti mengadakan kajian rutin, kegiatan sosial, dan event keagamaan yang melibatkan komunitas luas.

Kepala KUA Kecamatan Ratu Samban, Sutriman, M.H.I. sangat mendukung kegiatan ini, memberikan apresiasi atas antusiasme para remaja dalam mengikuti pembinaan.

"Kami sangat bangga dengan semangat remaja yang telah mengikuti kegiatan ini . Semoga melalui pembinaan ini, mereka dapat menjadi generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kuat dalam iman dan akhlak". Tuturnya.

Para remaja yang mengikuti kegiatan ini merasa mendapatkan banyak manfaat. Salah satu peserta, Abib, menyampaikan rasa syukurnya karena bisa mengikuti pembinaan ini.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat, saya jadi lebih paham tentang peran penting remaja dalam Islam dan semakin termotivasi untuk berbuat lebih banyak di masjid". Ujarnya.

Kegiatan pembinaan remaja masjid oleh PAI KUA Kecamatan Ratu Samban Ustadz H. M. Awaludin, M.Ag.  ini diharapkan dapat berlangsung secara rutin, sehingga dapat terus membina dan membimbing remaja dalam menjalankan peran mereka di tengah masyarakat, serta menjaga agar masjid tetap menjadi pusat kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi umat. (Nisa/PopiHumas)
 


TERKAIT

Berita LAINNYA