PAI KUA Kecamatan Sukaraja : Seni Dan Dakwah

Seluma (Humas) – Penyuluh Agama  Islam Kecamatan Sukaraja dalam memberikan penyuluhan kepada majlis taklim  Nurul Huda  Desa Niur Kecamatan Niur. Seni merupakan media yang mempunyai peran penting dalam pelaksanaan kegiatan Dakwah, karena media tersebut memiliki daya tarik yang dapat mengesahkan hati setiap pendengar dan penonton. Melalui kesenian tentunya tidak hanya hiburan belaka, namun orang menciptakan kesenian mempunyai tujuan-tujuan tertentu. Bagi mereka yang menikmati suatu karya seni tentunya akan tergerak untuk menghayati apa yang sebenarnya misi yang terkandung di dalamnya. Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sukaraja Dra. Halimah   menjadikan seni sebagai media dalam berdakwah, Jum’at,06/09.

Kegiatan dakwah sering difahami sebagai upaya untuk memberikan solusi Islam terhadap berbagai masalah kehidupan dari seluruh aspek seperti aspek ekonomi, sosial, budaya, hukum, politik dan lain-lain. Oleh karena itu, dakwah haruslah dikemas dengan cara dan metode yang tepat dan pas, dakwah harus tampil secara aktual dalam arti memecahkan masalah yang kekinian dan hangat di tengah masyarakat. Faktual dalam arti kongkrit dan nyata, serta konstektual dalam arti relevan dan menyangkut problema yang sedang dihadapi oleh masyarakat,Jelas Halimah.

Halimah mengatakan bahwa seni dan budaya harus dijadikan sarana yang epektif dalam menjalankan dakwah amar ma`ruf nahi munkar dewasa ini, dimana keterbukaan informasi, kecanggihan teknologi, serta kuatnya pengaruh hasil seni dan budaya, harus digunakan untuk mendorong ke arah yang lebih baik. Dalam hal ini Halimah mengunakan seni qasidah dalam menyampaikan penyuluhannya kepada jamaah majlis taklim Nurul Huda desa Niur,ungkapnya. (Naf/JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA