Optimalkan Pelayanan, KUA Sukaraja Layani Perubahan Data Buku Nikah

Seluma (Humas)- Sebagai bentuk layanan prima, KUA Sukaraja memberikan pelayanan perbaikan buku nikah seperti pada Senin (11/12). Berdasarkan fenomena saat ini, administrasi data kependudukan harus sinkron antara KK, KTP, Akta Kelahiran, dan buku nikah, apalagi di era digital dan on-line.  
Buku nikah dahulu di anggap remeh oleh sebagian besar masyarakat seakan akan tidak penting bahkan ada yang mengurus buku nikah setelah ada kebutuhan mendesak. Seperti Anak yang akan sekolah, bahkan ada yang usianya sudah tua baru mengurus buku nikah. Itupun karena akan membuat paspor umrah atau haji.Itulah sebabnya kua sukaraja senantiasa memberikan penyuluhan akan pentingnya buku nikah. 
" Terkadang warga kita sudah memiliki buku nikah bahkan sudah lama tetapi tidak sadar kalo ternyata, nama yang ada di buku nikah berbeda spasi dengan yang di KK dan KTP. akibatnya, bermasalah di data online .  Kemudian inilah yang saya jelaskan kepada masyarakat bahwa berdasarkan pada PMA Nomor 20 tahun 2019 tentang pencatatan pernikahan, perubahan nama suami atau istri pada akta nikah di lakukan oleh KUA KECAMATAN berdasarkan Akta kelahiran yang baru." Ujar Nanang Hermanto selaku Kepala KUA Sukaraja. (Eka/Nanang) 


TERKAIT

Berita LAINNYA