KUA Tebat Karai Gandeng BKMT Tekan Angka Pernikahan Dini Di Kecamatan Tebat Karai

Kepahiang, KUA Tebat Karai (HUMAS) --- Sebagai pembina BKMT pada tingkat kecamatan, KUA Tebat karai terus menerus melakukan pembinaan keagamaan pada setiap lini dan sasaran binaan. Termasuk diantaranya kelompok pengajian atau yang populer dikenal dengan BKMT. Selain melakukan pembinaan tentang pengetahuan agama dan lainnya, juga tentang fenomena yang saat ini terjadi, nikah di bawah usia atau menikah tidak  sesuai ketentuan umur pada perundang-undang.

Untuk menekan angka pernikahan dibawah umur tersebut, KUA kecamatan Tebat karai melakukan sosialisasi kepada jamaah BKMT sekecamatan Tebat karai tentang ketentuan batasan usia nikah. Itulah yang dilakukan oleh kepala KUA kecamatan Tebat karai Ali Akbar, SH.I, MH bersama jajarannya termasuk para penyuluh agama di kecamatan karai Kamis tanggal 28 Desember 2023 kemaren.

Kegiatan yang berlangsung di sekretariat BKMT Kecamatan Tebat karai tersebut selain dihadiri oleh ketua BKMT kabupaten Kepahiang, jajaran BKMT Kecamatan Tebat karai, juga dihadiri oleh seluruh pengurus dan anggota BKMT Desa/kelurahan se kecamatan Tebat karai.

Dalam sambutan serta tausiahnya, kepala KUA menyampaikan ketentuan undang-undang yang mengatur tentang batasan usia nikah. Menurutnya, BKM adalah wadah yang sangat strategis dalam menyampaikan program- program pemerintah. Kepala KUA juga mengajak seluruh jama'ah agar senantiasa secara maksimal untuk melakukan pengawasan kepada anak-anak serta menghindari anak-anak dari pergaulan yang mengarah kepada hal yang negatif, karena salah satu dampak yang ditimbulkan adalah nikah dini. Mari kita siap kan generasi yang betul betul siap untuk menjalani masa depan diantaranya mempersiapkan diri sebelum menikah, termasuk mempersiapkan secara usia, lanjutnya.

Disisi lain, ketua BKMT kabupaten Kepahiang ibu Hj. Erni Budiarti Arbi, M. PD, didampingi ketua BKMT Kecamatan Tebat karai ibu Azizah, menyampaikan terimakasih serta apresiasi kepada jajaran KUA kecamatan Tebat karai yang selalu memberikan motivasi serta pembinaan kepada BKMT Kecamatan Tebat karai, dengan harapan supaya kedepan BKMT selalu eksis dalam melakukan pembinaan khususnya kepada seluruh anggota BKMT Kecamatan Tebat karai. (Nesy)


TERKAIT

Berita LAINNYA