Klarifikasi Cek Kesehatan Bagi Calon Pengantin Dari Petugas Puskesmas Cahaya Negeri

Seluma (Humas) - Menjelang pernikahan, para pasangan calon pengantin akan disibukan dengan berbagai persiapan, mulai dari pemilihan tempat acara, catering, hingga pakaian. Namun, banyak calon mempelai yang justru tidak menyadari pentingnya pemeriksaan pranikah. Padahal, melakukan premarital check up atau pemeriksaan kesehatan pra nikah dan imunisasi TT justru menentukan masa depan pernikahan.

Kedatangan petugas PKM Puskesmas Cahaya Negeri Ke KUA Kecamatan Sukaraja pada Rabu (04/09)  diterima oleh Penyuluh agama Islam Dra. Halimah, kedatangan PKM Puskesmas  untuk mengklarifikasi cek kesehatan Calon Pengantin pada acara Bimwin mandiri hari ini.

Petugas  Kesehatan dari Puskesmas Cahaya  Negeri   mengatakan dengan melakukan Premarital check-up atau pemeriksaan kesehatan pranikah dapat mengenali/ mendeteksi kondisi, risiko, maupun riwayat masalah kesehatan yang dimiliki pasangan, sehingga tidak menularkan pada pasangannya dan atau menurunkan pada anaknya. Hasil yang diharapkan adalah dapat melakukan  upaya pencegahan dan penanganan sedini mungkin.

Melakukan premarital check up bukan berarti calon pengantin dicurigai berpenyakit. Sebagai bentuk antisipasi saja, terutama jika ke depannya ingin langsung memiliki keturunan. Pasalnya, faktor kesehatan akan sangat mempengaruhi reproduksi kedua belah pihak, baik itu dari sisi perempuan ataupun pria. Lingkungan yang semakin tercemar, makanan dan pola hidup yang tidak sehat menjadi penyebab semakin banyak bermunculan penyakit.

Maka dari itu, setiap pasangan yang hendak menikah, dianjurkan untuk melakukan tes kesehatan pranikah, khususnya kaum perempuan. Nah, selain pemeriksaan kesehatan pra nikah, ada informasi penting tentang imunisasi TT/suntik TT. Para calon pengantin perempuan sebaiknya jangan meremehkan pentingnya suntik TT sebelum menikah. (Eka/ JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA