Keutamaan Membaca Al-Quran, Salah Satunya 60 Ribu Malaikat Memohonkan Ampunan

Keutamaan Membaca Al-Quran, Salah Satunya 60 Ribu Malaikat Memohonkan Ampunan

Kota Bengkulu (Humas) - Penyuluh Agama Islam (KUA) Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sungai Serut, Achmad Fadian, S.Sos. memberikan penjelasan tentang keutamaan membaca Al-Quran yang menjadi pemodan hidup bagi umat muslim khususnya.

Achmad Fadian menjelaskan, keutamaan membaca Al-Quran dilansir dari Media Sosial Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI,  pertama, membaca Al-Quran termasuk ibadah yang paling utama, tertera dalam Hadist Riwayat Al-Bukhari, yang artinya, "Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Quran".

Lalu kedua, kata Achmad Fadian, setiap huruf dibaca akan diberi balasan satu kebaikan, tertera pada Hadist Riwayat At-Tarmidzi yang artinya, "Siapa saja membaca satu huruf Kitabullah (Al-Quran), maka dia akan mendapat satu kebaikan, sedangkan satu kebaikan dapat dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf".

Selain itu, keutamaan membaca Al-Quran yang ketiga, kata Achmad Fadian, tercatat sebagai orang yang taat atau tidak lalai, tertera pada Hadist Riwayat Ahmad yang artinya, "Siapa saja yang membaca Al-Quran seratus ayat dalam satu malam, maka akan dicatat untuknya ketaatan satu malam itu".

"Untuk yang keempat, 60 ribu malaikat memohonkan ampunan, yang tertera pada Hadist Riwayat Ad-Dailami yang artinya, ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Quran, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampunan untuknya". Papar Achmad Fadian kepada Kontributor Berita KUA, Kamis (19/9/2024).

Lalu yang kelima, kata Achmad Fadian, mendapatkan syafaat dari Al-Quran, tertera pada Hadist Riwayat Ahmad, yang artinya, "Bacalah Al-Quran, sebab ia datang memberikan syafaat pada hari kiamat kepada pemilik (pembaca, pengamal)-nya".

"Yang terakhir keenam, mendapatkan balasan terbaik dari Allah, tertera pada Hadist Riwayat Al-Baihaqi, yang artinya, "Siapa saja yang dilakukan oleh membaca Al-Quran, hingga tak sempat dzikir yang lain kepadaku dan meminta kepadaku, maka aku akan memberinya balasan terbaik orang-orang yang meminta. Ingatlah keutamaan Al-Quran atas kalimat-kalimat yang lain seperti keutamaan Allah atas makhluknya". Tutupnya. (Fadian/PopiHumas)


TERKAIT

Berita LAINNYA