Kerjasama Dengan Puskesmas Lingkar Timur, ASN KUA Singaran Pati Periksa Kadar Gula Darah

Kota Bengkulu (Humas)-Senin 04 Desember 2023, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu bekerja sama dengan Puskesmas Lingkar Timur Kota Bengkulu telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi ASN di lingkungan KUA Kecamatan singaran Pati. Dalam hal ini adalah pemeriksaan tekanan darah dan kadar gula darah. Adapun pemeriksaan ini di tidak dipungut biaya alias gratis. Sebagai informasi, tes gula darah merupakan prosedur pemeriksaan yang dilakukan untuk memeriksa kadar glukosa atau gula darah di dalam tubuh.

Kepala KUA Kecamatan Singaran Pati, Marlius Putra, M.H.I menjelaskan pentingnya pemeriksaan kesehatan kepada seluruh ASN KUA Singaran Pati. Karena dengan kesehatan yang prima maka ASN dapat melayani masyarakat secara maksimal. Dipilihnya pemeriksaan gula darah karena penyakit diabetes ini dapat memicu komplikasi dengan penyakit lainnya seperti Hipertensi yang dapat berakibat gagal ginjal bila sudah sampai pada tingkat yang akut. Maka menurut Marlius sangat penting dilakukan pemeriksaan sejak dini sebelum terjadi komplikasi.

Seluruh ASN KUA Kecamatan Singaran sangat antusias mengikuti pemeriksaan gula darah ini, karena banyak yang belum pernah sama sekali melaksanakan pengecekan gula darah, dan hasilnya memang dari 17 ASN  hampir sebagian yang tinggi kadar gula darahnya sehingga dianjurkan untuk lebih memperhatikan pola makan dan dianjurkan untuk berolahraga untuk menjaga kesehatan.

Terpisah, tenaga kesehatan dari Puskesmas Lingkar Timur yang diwakili oleh staf perawat, Selvi menjelaskan bahwa kadar gula darah orang dewasa yang normal itu ditunjukkan oleh gula darah setelah makan dan sebelum tidur: < 180 mg/dL (setelah makan), 100-140 mg/dL (sebelum tidur). Adapun kadar gula darah tinggi yang berbahaya bagi pasien diabetes yaitu 240 mg/dl atau lebih. (Marlius/Popi)


TERKAIT

Berita LAINNYA