Kemenag Mukomuko Lakukan perekaman Biometrik Calon Jemaah Haji

Mukomuko--(Humas) Kementerian Agama (Kemenag) Mukomuko memasuki hari kelima melakukan Perekaman Data Biometrik terhadap calon jemaah haji.Perekamanan dilakukan menggunakan Aplikasi Saudia Visa Bio.Jumat (18/10/2024)

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Darmanto,S,H,I Kantor Kemenag Mukomuko,ini merupakan salah satu persyaratan Haji. Sebab, saat ini Pemerintah Arab Saudi mewajibkan bagi calon jemaah haji  untuk melakukan perekaman biometrik melalui aplikasi agar mendapatkan visa ibadah haji.

"Ada sejumlah syarat dan dokumen yang harus dilengkapi jemaah dalam proses penerbitan visa haji tahun ini. Salah satunya adalah rekam biometrik dilakukan secara online melalui aplikasi Saudi Visa Bio,” ujarnya.

Dijelaskannya, perekaman Biometrik pemeriksaannya meliputi rekam paspor, wajah dan 10 sidik jari. Itu bertujuan agar terdapat autentifikasi jemaah haji dan untuk mempermudah proses saat mereka keluar dari bandara Saudi.

Darmanto mengungkapkan meskipun ada kendala dilapangan seperti Mati Lampu,   pelaksanaan yang berlangsung dari hari Senin 14 Oktober sampai dengan  24 Oktober 2024

Dirinya menargetkan 10-20 calon jemaah haji dapat melakukan perekaman biometrik setiap hari.Saat ini kurang lebih sudah 40%  jemaah haji yang berhasil direkam biometriknya dari jumlah 167 jemaah. 

Pelaksanaan perekaman Biometrik,selain dilaksanakan di Kantor Kemenag Mukomuko juga bisa di lakukan secara Mandiri oleh jemaah”Tutupnya.[F3A2]


TERKAIT

Berita LAINNYA