Kemenag Kepahiang Ikut Berpartisipasi dalam Kick Off ILP

Kankemenag Kepahiang yang diwakili oleh Kasi PHU Harlen Devis Munandar, S.Sos.I, M.H menghadiri kegiatan sosialisasi ILP sekaligus Kick Off ILP, Rabu (24/07/24) di Aula Zhuzhu Garden.

Kepahiang, (HUMAS) ---- Dalam rangka mendorong Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP) sekaligus launching integrasi pelayanan Kesehatan primer di Kab. Kepahiang, Kankemenag Kepahiang yang diwakili oleh Kasi PHU Harlen Devis Munandar, S.Sos.I, M.H menghadiri kegiatan sosialisasi ILP sekaligus Kick Off ILP, Rabu (24/07/24) di Aula Zhuzhu Garden.

Kegiatan ini langsung dihadiri dan dibuka oleh wakil Bupati Kepahiang, hadir juga sebagai pemateri Kadis Kesehatan Provinsi Bengkulu,Kadis Kesehatan Kabupaten Kepahiang dan kadis PMD Pemda kepahiang, beserta kepala puskesmas dan Camat Sekabupaten Kepahiang.

Kepahiang merupakan pilot projek terbaik saat ini dalam layanan kesehatan berjenjang di Puskesmas,Pustu dan Posyandu. Integasi pelayanan Kesehatan primer merupakan upaya untuk menyatukan berbagai layanan Kesehatan dasar menjadi satu kesatuan yang komprehensif,

“Selama ini layanan posyandu yang ada,masih ada kesalah pahaman tentang pembagian nama-nama kegiatan, seperti posyandu balita, posyandu remaja, dan posyandu lansia,padahal semua itu sama dalam hal pelayanan, maka diharapkan kader bisa mensiasati penamaan kegiatan tersebut dengan  sub kegiatan posyandu, sub posyandu remaja,sub posyandu lansia dan sub posyandu balita” tutur pemateri.

Meskipun hal Kesehatan ini merupakan fokus yang berbeda dengan fungsi dari Kementerian Agama, namun Kementerian agama akan turut ambil andil melalui forum-forum keagamaan dan penyuluh agama yang dapat membantu Dinas Kesehatan dalam menyelenggarakan penyuluhan Kesehatan di tempat-tempat keagamaan.

Dalam kegiatan ini ditampilkan pula kegiatan Puskesmas Kepahiang sebagai pilot projek ILP,yang sudah mengikuti pendidikan dan training di bekasi, harapannya Kementerian Agama Kab. Kepahiang dapat membantu Dinkes untuk memastikan seluruh masyarakat dapat memperoleh akses yang sama terhadap layanan Kesehatan yang berkualitas. (Bella)


TERKAIT

Berita LAINNYA