Fokus pada Pencegahan Kenakalan Remaja , MTsN 2 Filial Rejang Lebong Gelar Bina Karakter Islam

REJANG LEBONG (HUMAS) --- Guru Bimbingan Konseling memberikan pembinaan Karakter Islam kepada siswa siswi MTsN 2 Fillial Rejang lebong pasca pelaksanaan upacara bendera di ruang kelas VIII, Senin (9/9/2024). Pembinaan karakter islam ini dilakukan agar siswa-siswi terhindar dari kenakalan remaja yang marak terjadi dikalangan masyarakat. 

Bina Karakter Islam ini diisi oleh Ibu sri Wahyulianti, S.Pd.I selaku guru BK sekaligus Koordinator MTsN 2 fillial Rejang Lebong. Dalam bimbingannya beliau memberikan edukasi tentang apa itu kenakalan remaja, dampak dan akibatnya. Dengan adanya binaan tersebut para siswa tidak terpengaruh kepada pergaulan yang salah, ataupun kenakalan remaja di lingkungan masyarakat. Selain itu, mengharapkan peran guru secara aktif dalam mengawasi dan membimbing dalam proses belajar mengajar.

Kemudian Sri juga memberikan arahan seputar pencegahan agar tidak terjadi kenakalan remaja, “Dari semua faktor yang disebutkan pasti ada tips cara agar mencegah kenakalan remaja beberapa hal tersebut seperti faktor lingkungan keluarga, pentingnya peran dari kedua orang tua dimana orang tua harus selalu memperhatikan dan memberikan kasih sayang kepada anaknya. Menjadi tempat curhat anak yang baik agar masalahnya dapat diselesaikan. selanjutnya perlu ditanamkan dasar agama yang kuat kepada anak sejak dini, serta adanya pengawasan terhadap anak, dalam menggunakan media seperti televisi, radio, internet, handphone, dan lainnya.”

“Selain itu, pencegahan dapat dimulai dari diri sendiri seperti mendekatkan diri kepada Allah SWT, pandai memilih lingkungan pergaulan yang baik, melakukan kegiatan yang positif, jangan mencoba hal yang buruk serta disiplin dan mentaati aturan yang berlaku sesuai dengan norma-norma hukum baik di madrasah maupun diluar lingkungan madrasah” Tambah Sri.

Di tempat terpisah, Kepala MTsN 2 Rejang Lebong  bapak Wawan Herianto, S.Pd., MM mengatakan bahwa pembinaan karakter islam tentang kenakalan remaja dilaksanakan sebagai upaya untuk memberikan pengenalan hukum dan menghindari kenakalan remaja.

Kepala madrasah mengucapkan terima kasih atas binaan tersebut. Banyak informasi dan pengetahuan yang sisiwa dapatkan. Ia berharap,para siswa di MTsN 2 Rejang Lebong dapat mengambil manfaat baiknya untuk diterapkan dalam perggaulan di masyarakat.(apriliandi)


TERKAIT

Berita LAINNYA