Dzikir dan Istighosah Peringatan Hari Santri Momen Meneladani Semangat Perjuangan

Dzikir dan Istighosah Peringatan Hari Santri Momen Meneladani Semangat Perjuangan

Kota Bengkulu (Humas)-Memperingati Hari Santri Nasional 2024, Senin 21 Oktober 2024, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan Dzikir dan Istighosah yang dilaksanakan bertempat di Pondok Pesantren Pancasila, Kota Bengkulu.

Acara Dzikir dan Istighosah ini mengangkat tema “Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan" dan dihadiri oleh berbagai kalangan, termasuk jajaran pejabat di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, termasuk Kemenag Kota Bengkulu dan para santri.

Hadir dalam acara ini, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Dr. H. Muhammad Abdu, S.Pd.I., didampingi Kabid PAPKIS Dr. H. Junni Muslimin, M.A. selaku Ketua Pelaksana kegiatan beserta jajaran.

Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan ucapan selamat Hari Santri 2024 kepada seluruh santri dan pengurus pondok pesantren.

"Hari Santri yang telah ditetapkan sejak tahun 2015 melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, memiliki akar sejarah yang panjang dalam perjuangan bangsa Indonesia. Sejak ditetapkannya Hari Santri, kita terus mengenang peran penting para santri dalam menjaga keutuhan bangsa dan agama. Namun, peringatan ini sejatinya telah ada jauh sebelum penetapan resmi. Sejarah perjuangan santri dimulai sejak era penjajahan, ketika mereka dengan semangat keagamaan berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia". Ungkap Dr. H. Muhammad Abdu, S.Pd.I.

Acara Dzikir dan Istighosah dipimpin langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Pancasila, H. Paimat Solihin, dan diikuti dengan khidmat oleh seluruh peserta yang hadir. Dzikir dan doa bersama ini diharapkan dapat memperkuat keimanan serta menambah keberkahan bagi para santri dalam menghadapi masa depan yang penuh tantangan.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Kantor Kemenag Kota Bengkulu diwakili oleh Kasubbag Tata Usaha, Dr. H. Fahrurrazi, M.Si. didampingi jajaran Kasi Kantor Kemenag Kota Bengkulu dan para ASN.

"Peringatan Hari Santri Nasional tahun ini menjadi momentum penting bagi para santri di seluruh Indonesia, khususnya di Provinsi Bengkulu, untuk terus meneladani semangat perjuangan para pendahulu dalam membangun masa depan yang lebih baik, sesuai dengan tema "Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan". Ungkap Kasubbag Tata Usaha Kemenag Kota Bengkulu, Dr. H. Fahrurrazi, M.Si. (HumasKota)


TERKAIT

Berita LAINNYA