Digelar Layaknya PEMILU Sebenarnya, MTsN 2 Kepahiang Sukses Laksanakan Pemilihan Ketua OSIMA Periode 2024-2025

Digelar Layaknya PEMILU Sebenarnya,MTsN 2 Kepahiang Sukses Laksanakan Pemilihan Ketua OSIMA Periode 2024-2025

Kepahiang (Humas) --- Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) di MTsN 2 Kepahiang menjadi ajang para siswa untuk belajar berdemokrasi. Bertempat di lapangan MTsN 2 Kepahiang, Senin (23/09/2024).

Kegiatan pemilihan  berlangsung dengan tertib dan semarak. Proses pemilihannya pun digelar layaknya pemilu. Beberapa atribut pendukung pemilu seperti daftar hadir, bilik suara (6 buah), kotak suara, papan penghitungan, surat suara, petugas pemilu, dan tinta lengkap teresedia.

Sebelumnya, panitia pemilihan sudah melakukan agenda kampanye 3 pasangan calon (Paslon) pengurus OSIMA periode 2024/2025. Tentu saja, ketiga paslon tersebut merupakan siswa-siswa terbaik di MTsN 2 Kepahiang. Siswa-siswa berprestasi prestasi secara akademis dan non akademis. Mereka siap bertanding untuk menempati jabatan prestisius, Ketua OSIMA dan Wakil Ketua OSIMA masa bakti 2024/2025. Adapun nama-nama paslon  yang berkompetisi tersebut antara lain Adrian Afan dan  Zahra Syifa Ramadhani (Paslon 1), Rizky  Setiawan dan Zahra Syifa Rahmadani (Paslon 2), Gelby dan Maicha Tri Zhafira (Paslon 3).

Aprilia  Dila Putri, selaku Ketua Panitia menjelaskan jumlah partisipan pemilih adalah sebanyak jumlah siswa ditambah para dewan guru. Jumlah ini sebanding dengan jumlah surat suara yang tersedia. Rincian data jumlah pemilih 725 itu diperoleh dari  pemilih siswa (kelas VII - IX) dan sisanya 40 pemilih guru dan staf karyawan. Di awal sambutannya, ia menyampaikan ungkapan terima kasih atas dukungan Kepala MTs 2 Kepahiang dan segenap panitia atas kerjasama dan dedikasinya untuk menyukseskan kegiatan ini.

“Siapapun pasangan calon yang terpilih, kita wajib mendukung mereka secara penuh, yang jelas, figur Ketua OSIMA dan Wakil Ketua OSIMA tahun ini harus lebih aktif, kreatif, dan inovatif dibandingkan pengurus OSIMA tahun sebelumnya.Kami percaya mereka bisa mengemban amanah ini dengan penuh tanggungjawab” imbuh Aprilia.

Kepala MTs 2 Kepahiang Supriyadi, S.Pd, M.Pd, turut mengapresiasi pemilihan OSIMA masa bakti 2024-2025 sebagai ajang pendidikan berdemokrasi yang sehat. Menurutnya, OSIMA adalah satu satunya organisiasi resmi yang ada di madrasah. Dengan menyandang predikat prestisius ini, maka pengurus OSIMA harus bisa menjadi role model bagi organisasi ekskul – ekskul lainnya dalam hal tata organisasi dan manajeman keorganisasian.

“Buat para paslon yang terpilih, jalankan roda organisasi OSIMA dengan penuh tanggungjawab. Jadilah pribadi yang berkarakter (akhlakul karimah) dengan menjunjung nilai santun, peduli, integritas, responsif, dan tanggungjawab.Buatlah target agar setiap program- kerja yang dirancang dapat dirasakan dampaknya oleh semua warga madrasah,” tegas Supriyadi.

Berdasarkan hasil perhitungan suara yang dilakukan oleh panita, maka munculah nama-nama kandidat Ketua OSIMA dan Wakil Ketua OSIMA dengan perolehan suara sebagai berikut. Paslon 1 ; Adrian Afan dan  Zahra Syifa Ramadhani (paslon 1) memperoleh 71 suara. Paslon 2 ; Rizky  Setiawan dan Zahra Syifa Rahmadani memperoleh 202 suara. Paslon 3; Gelby dan Maicha Tri Zhafira hanya memperoleh 411 suara.  Sebanyak 40 suara dinyatakan batal. Dengan demikian, Pasangan Calon Nomor Urut 3, Gelby dan Maicha Tri Zhafira terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIMA MTsN 2 Kepahiang periode 2024-2025. (Dwi)


TERKAIT

Berita LAINNYA