Bina Siswa MIN 2 Rejang Lebong, Penyuluh KUA Binduriang Sampaikan Materi Wudhu

REJANG LEBONG (HUMAS) ----  Penyuluh Agama Islam KUA Binduriang Romadon, S. Pd, setiap rabu rutin mengimami sholat dhuha di MIN 2 Rejang Lebong setelah sholat dhuha dilanjutkan dnengan bimbingan penyuluhan.

Kali ini tema yang di ambil Romadon mengenai wudhu. Wudhu salah satu syarat yang sering dianggap remeh oleh anak-anak pada khususnya dan orang dewasa pada umumnya. Menurut Al Bukhori nomor 153, syarat sahnya sholat adalah melakukan wudhu. Jadi apabila kita hendak sholat, dan agar sholat kita menjadi sah dan mendatangkan pahala bagi kita ditambah tercatat dalam buku amalan kita adalah melakukan wudhu terlebih dahulu.

Wudlu adalah salah satu cara mensucikan anggota tubuh, diantaranya: wajah, telapak tangan, kepala, dan kedua kaki dengan menggunakan air yang suci yang tidak tercampur najis.

Menurut Romadon anak Usia SD ini memiliki kecendrungan untuk meniru, berbuat dan bertindak seperti apa yang ia lihat, dengar baik melalui aktivitas langsung (kontak mata/melihat) ataupun tidak langsung (pendengaran) tiap hari melalui tayangan-tayangan TV, film maupun gambar-gambar yang ada maupun informasi yang diterima anakMaka dari itu masa ini penting bagi kita memberikan stimulus yang baik bisa juga dengan memberikan pembiasaan/ penanaman yang baik juga seperti mengajarkan wudhu sebelum ibadah sholat.

Wudhu harus diajarkan pada anak-anak sejak dia masih kecil atau di masa golden age/ masa keemasan . Karena, jika dikenalkan sejak dini akan pentingnya wudhu ini anak menginjak dewasa sudah mengerti akan pentingnya wudhu.

Anak perlu pengarahan yang ekstra tentang wudhu ini, dukungan dari semua pihak diperlukan. Jika  hal  ini atau pembiasaan mengajarkan wudhu  menuju ibadah sholat apabila diajarkan sejak dini  akan  tertanam  dan  terpatri  dengan  baik  dalam  setiap  insan  sejak  dini,  hal  tersebut  merupakan awal yang baik bagi pendidikan sang anak. Apabila nilai keagamaan seperti wudhu tidak berikan sejak dini akan menghambat perkembangan nilai agama dan moral anak dalam keberlangsungan kehidupan selanjutnya.

Pendidikan keagamaan merupakan awal yang baik bagi pendidikan anak untuk menjalani kehidupan selanjutnya. Namun apabila kita menanamkan pembiasaan berwudhu sejak dini akan membangun pondasi di masa kanak-kanak sejak awal agar kokoh, memperkuat dirinya untuk menghadapi atau mempersiapkan masa depan yang semakin hari banyak perubahan keagamaan yang akan menjadi luntur “Ungkap Romadon”.(diana)

 

 


TERKAIT

Berita LAINNYA