Bimbingan dan Penyuluhan, PAI Curup Selatan Berikan Penjelasan Mendalam Akan Makna Zikir

REJANG LEBONG (HUMAS) ---  Ella Sari Rahmawati, S.Pd.I, seorang Penyuluh Agama Islam (PAI) Non-PNS, memberikan bimbingan dan penyuluhan di Majelis Taklim Al-Hikmah yang berlokasi di Desa Pungguk Lalang. Dalam penyuluhan tersebut, Ella Sari mengupas tuntas tentang "makna dan keutamaan zikir" bagi umat Islam. (08/09)

Dalam penyuluhan yang dihadiri oleh puluhan jamaah, Ella Sari menjelaskan beberapa kalimat zikir utama yang sering dilafalkan oleh umat Islam, yaitu "Subhanallah", "Alhamdulillah", "La Ilaha Illallah", "Allahu Akbar", dan "Lahaula Wala Quwwata Illa Billahil Aliyil Azim".

1. Subhanallah

"Subhanallah" berarti Maha Suci Allah, kalimat ini menunjukkan pengakuan akan kesempurnaan Allah yang bersih dari segala kekurangan. Mengucapkan zikir ini dapat membantu kita menyadari betapa besar kebesaran Allah dan mengingatkan kita untuk selalu memuji-Nya.

2. Alhamdulillah

"Alhamdulillah" berarti "Segala Puji bagi Allah". Pentingnya bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah, baik yang kita sadari maupun tidak. Dengan mengucapkan Alhamdulillah, kita mengekspresikan rasa syukur dan pengakuan bahwa segala kebaikan berasal dari Allah.

3. La Ilaha Illallah 

Kalimat tauhid ini berarti "Tiada Tuhan Selain Allah", zikir ini merupakan inti dari keimanan seorang Muslim. Mengucapkannya adalah bentuk pengakuan akan keesaan Allah dan penolakan terhadap segala bentuk kemusyrikan.

4. Allahu Akbar  

"Allahu Akbar" berarti "Allah Maha Besar", dengan mengucapkan zikir ini, kita mengakui bahwa tiada yang lebih besar dan lebih berkuasa selain Allah. Ini juga menjadi pengingat bagi kita untuk selalu mengandalkan Allah dalam segala urusan hidup.

5. Lahaula Wala Quwwata Illa Billahil Aliyil Azim  

Kalimat ini berarti Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung, zikir ini menandakan bahwa segala kekuatan dan kemampuan yang kita miliki sejatinya berasal dari Allah. Dengan mengucapkannya, kita mengakui ketergantungan penuh kita kepada-Nya dalam setiap aspek kehidupan.

Penyuluhan ini disambut baik oleh para jamaah yang hadir, dan banyak dari mereka yang merasa tercerahkan serta termotivasi untuk lebih banyak berzikir dalam kehidupan sehari-hari. Ella Sari berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan untuk memperkuat iman dan keislaman masyarakat.(ella)


TERKAIT

Berita LAINNYA