ASN Kemenag Lebong Terima Sosialisasi Taspen Dan Produk BSI

Lebong (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Arief Azizi, S.Ag., M.H didampingi Kasubag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong H. Darul Maukup, S.Ag., M.H melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Ketaspenan Al Imron dan Produk Perbankan BSI Wedyos , dihadiri diikuti oleh Pegawai ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong di Aula Sakinah Kemenag Lebong Rabu, (12/06/2024).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Arief Azizi, S.Ag., M.H menyambut baik kedatangan Tim Sosialisasi Taspen Curup dan BSI Cabang Argamakmur. Dalam sambutannya pada acara tersebut Kakan Kemenag Lebong menyampaikan agar seluruh pegawai dapat mengikuti kegiatan ini, yang nantinya akan bermanfaat bagi bapak Ibu ASN di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten untuk Pengurusan taspen “Sosialisasi ini sangat penting sekali bagi seluruh ASN kita, tentu kami menyambut baik dengan tujuan agar kita banyak mendapatkan informasi terkait hak serta kewajibannya untuk mendapatkan Pensiunan di Taspen dan produk BSI Sosialisasi ini sangat penting bagi ASN yang akan memasuki masa pensiun, agar mereka dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk melaksanakan ibadah umrah,“  meyakini, produk unggulan pra pensiun ihram ini akan membawa manfaat bagi ASN Kemenag Lebong, “Jelas Azizi.

Branch Manager PT. Taspen Persero Jcabang Curup, Al Imron mengatakan, PT.TASPEN merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi ASN dan Pejabat Negara.TASPEN sebagai penyelenggara Jaminan Sosial Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara yaitu Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun, Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian,” jelasnya Imron.

“Kami berharap setelah sosialisasi ini, ASN akan mendapatkan gambaran mengenai sejumlah program Taspen selama masa tugas maupun pada masa pensiun. TASPEN bukan hanya untuk masa pensiun saja manfaatnya, namun selama masa tugas pun manfaat Taspen dapat dirasakan manfaatnya,” terangnya Imron.

Al Imron selaku salah seorang dari PT. TASPEN Cabang Curup menjelaskan 4 program TASPEN, yaitu :

Program Pensiun yang mengelola penghasilan yang diterima oleh penerima pensiun setiap bulan sebagai jaminan hari tua dan penghargaan atas jasa-jasanya mengabdi pada negara berdasarkan Undang-Undang No. 11 Tahun 1969 tentang Pensiun Pegawai dan Pensiun Janda/Duda Pegawai.

Tabungan Hari Tua sebagai program Asuransi Dwiguna yang dikaitkan dengan usia pensiun ditambah dengan Asuransi Kematian.

Jaminan Kematian yang memberikan perlindungan atas risiko kematian bukan akibat kecelakaan kerja berupa santunan kematian.

Jaminan Kecelakaan Kerja yang memberikan perlindungan atas risiko kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja berupa perawatan, santunan dan tunjangan cacat.

“Selama masa penugasan yang disertai surat tugas, maka ketika terjadi kecelakaan, maka pegawai negeri yang bersangkutan dapat ditanggung pihak TASPEN,” jelas Imron

Wedyos dari BSI Cabang Argamakmur yang menjadi narasumber menjelaskan bahwa “BSI memiliki program unggulan Pra Pensiun Ihram yang memudahkan ASN untuk melaksanakan umrah Area Consumer Financing Manager (Area Arma Lebong), “Pra Pensiun Berkah salah satu program unggulannya adalah Pra Pensiun Ihram (Pembiayaan Pra Pensiun berhadiah umroh langsung tanpa diundi), lanjut Wedyos menyampaikan beberapa produk BSI, diantaranya terkait pembiayaan BSI Pensiun dan Pra Pensiun berkah,” jelasnya.

Sosialisasi ini diikuti secara antusias oleh ASN Kantor Kemenag Kab. Lebong dengan mengajukan berbagai pertanyaan kepada pihak PT. TASPEN Cabang Curup dan BSI Cabang Argamakmur secara langsung dimoderatori oleh Kasubbag Tata Usaha Kantor Kemenag Lebong H. Darul Maukup, S.Ag., M.H pada Kementerian Agama Kabupaten Lebong. (HR)


TERKAIT

Berita LAINNYA