Kemenag

520 Siswa RA dan TK Ikut Manasik Haji Cilik

Bengkulu Selatan (Humas) – Pengurus Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Bengkulu Selatan, Rabu (06/9) menggelar kegiatan Manasik Haji Cilik Raudhatul Athfal (RA) dan Taman Kanak-Kanak (TK) se-Kabupaten Bengkulu Selatan. 

Kegiatan yang dibuka oleh Bunda PAUD BS Nurmalena dihadiri oleh Bupati Bengkulu Selatan yang diwakili oleh Asisten 1 Isran Kasiri, S.I.P., M.Si, Kepala Kantor Kementerian Agama Bengkulu Selatan Dr. H. Junni Muslimin, MA, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. Ahmad Syukri, M.Pd, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) H. Khayadi, M.H.I, Ketua IGRA BS Lilik Badriah, S.Pd, Pengawas RA Gustini, S.Pd., M.Pd.I, Pengawas TK, Kepala RA/TK Se-Kabupaten BS, dan undangan lainnya. 

Kegiatan yang digelar di pendopo rumah dinas Bupati BS ini mengambil tema “Melalui Manasik Haji Cilik, Kita Tanamkan Nilai-Nilai Islam dan Pengenalan Tata Cara Haji Sejak Usia Dini”. Kegiatan diselenggarakan dengan tujuan untuk menanamkan pentingnya Rukun Islam ke-5 kepada siswa. Dalam pelaksanaannya meskipun cuaca terik namun peserta tetap terlihat antusias dan semangat mengikuti petunjuk dari pembimbing rangkaian praktek manasik. 520 orang peserta yang merupakan siswa RA dan TK  diajak untuk melakukan sa’i, wakuf, tawaf hingga lontar jamarot sebagai beberapa rangkaian ibadah haji.

Menurut Bunda PAUD BS Nurmalena, kegiatan ini memang sudah menjadi agenda tahunan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten BS dan pengenalan tentang Agama Islam kepada anak usia dini. Seperti diketahui usia anak-anak sangat peka dalam menangkap hal-hal yang baru. "Alhamdulillah, acara disambut baik oleh peserta didik dan juga para orang tua," imbuh Lena.

Sementara itu, Dr. H. Junni Muslimin, MA menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten BS telah bersedia memfasilitasi hingga terlaksananya acara. Kakan Kemenag BS menyambut positif acara ini dan menegaskan pentingnya untuk membuat kegiatan penanaman kecintaan pada ajaran Islam sejak usia dini seperti manasik haji. "Semoga acara ini mampu mengenalkan dan menumbuhkan kecintaan terhadap ajaran Islam sejak dini," ujar Kakan. (Toni)


TERKAIT

Berita LAINNYA