3 Siswa MIN 2 Kota Bengkulu Ikuti OBA 2024, Kamad : "Mereka Siswa yang Hebat"

3 Siswa MIN 2 Kota Bengkulu Ikuti OBA 2024, Kamad : "Mereka Siswa yang Hebat"

Kota Bengkulu (Humas)-3 orang siswa Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) 2 Kota Bengkulu ikuti Olimpiade Bahasa Arab (OBA) Nasional ke-7 tahun 2024 tingkat kabupaten/kota. Mereka akan bersaing dengan peserta dari berbagai madrasah untuk memperebutkan tiket utusan Provinsi Bengkulu.

Ketiga siswa itu adalah Muhammad Fariq Al Muttakin Kelas 6E, Karunia Fitriani 6D, Ritche Lambbretta Deni 5A. Masing-masing dari mereka ikut dalam kategori jenjang MI negeri.

Kepala MIN 2 Kota Bengkulu, Ach Jainuri mengapresiasi keikut sertaan peserta didiknya dalam ajang OBA. Baginya, apapun event yang diikuti siswa untuk menambah ilmu pengetahuan, maka madrasah akan mendukungnya.

Ach Jainuri menekankan, setiap lomba yang diikuti, target utamanya bukan untuk meraih juara, tapi bagaimana siswa setelah kegiatan tersebut bertambah pengetahuan dan terasa kemampuan berbahasa asingnya.

“Orang lain ada yang merasa takut berbahasa Arab, karena sulit dipelajari tapi siswa kita ini mengikuti lombanya, ini kan siswa yang hebat". Ujar Jainuri memotivasi ketiga siswa tersebut, menjelang lomba.

Ach Jainuri berharap, melalui lomba itu akan ada peningkatan kemampuan berbahasa siswa untuk masa-masa yang akan datang. Bukan itu saja, siswa tersebut harus mampu menularkan kemampuan berbahasanya kepada siswa lainnya.

Pembina Olimpiade Bahasa Arab MIN 2 Kota Bengkulu, Siti Aminah menerangkan bahwa olimpiade ini menggunakan  e-ujian.com/forummgmpbase-indonesia dengan rincian soal yang beragam dalam setiap tingkatan lomba, baik tingkat kabupaten, provinsi dan nasional.

“Untuk tingkatan ini, peserta menjawab 50 butir soal pilihan ganda dalam waktu maksimal 1 jam. Soal yang diuji dalam bentuk memahami teks, bahasa, kosa kata dan juga qawaid Bahasa Arab". Paparnya.

Siti Aminah menambahkan jika lomba ini dilaksanakan secara daring menggunakan perangkat komputer dengan jaringan internet yang stabil. Dan peserta tidak diperbolehkan memakai perangkat berupa tablet atau telepon seluler.

Untuk diketahui, OBA itu sendiri digelar oleh Forum MGMP Bahasa Arab se-Indonesia secara virtual dengan melibatkan ribuan pelajar jenjang MA/MTs/MI. Kegiatan berlangsung pada Sabtu, 24 Agustus 2024 sementara pelaksanaan lomba dimulai pukul 07.30 WIB s.d 09.00 WIB untuk pembukaan dan pukul 10.00 WIB s.d 11.00 WIB untuk pelaksanaan tingkat kabupaten/kota. (Devi/PopiHumas)


TERKAIT

Berita LAINNYA