Bengkulu (Humas) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Bengkulu melalui Bidang Urusan Agama Islam (Urais) menggelar Forum Group Discussion (FGD) Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) dan Orientasi Peningkatan Kompetensi SDM Masjid di Hotel Nala Sea Side, Senin (27/6).
Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 27-29 Juni 2022 ini diikuti oleh 146 orang meliputi seluruh Kasi Bimas Islam Kemenag Kabupaten/Kota, Pengelola Keuangan Bimas Islam, Perencanaan Bimas Islam, Kepala KUA se-Provinsi Bengkulu, Ketua APRI Kabupaten/Kota, dan Ketua DKM Masjid perwakilan Kabupaten/Kota, serta dibuka langsung Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Bengkulu Dr. H. Zahdi Taher, M.HI.
Kepala Bidang Urais Drs. H. Ramlan, M.HI dalam laporannya menyampaikan bahwa dari 126 KUA yang tersebar di Provinsi Bengkulu terdapat 90 KUA yang bangunannya Non SBSN, 25 KUA melalui dana SBSN, dan 11 KUA belum memiliki kantor atau masih sewa.
"KUA yang belum ada kantor atau masih sewa terdapat di Kota Bengkulu sebanyak 1 KUA, Kepahiang 1, Bengkulu Utara 3, dan Lebong 6 KUA," ujar Kabid Urais.
Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Dr. H. Zahdi Taher, M.HI saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa KUA harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat agar KUA terasa dekat dengan masyarakat.
"KUA itu sangat dekat dengan masyarakat, sehingga KUA harus menciptakan lingkungan yang bersih dalam melayani, jangan sampai melakukan hal yang ilegal terutama pungli. Layani masyarakat dengan seharusnya, karena pada jaman teknologi saat ini apapun kecurangan yang KUA lakukan akan dengan mudah dapat dilaporkan masyarakat," ujar Kakanwil.
"Berhubung kegiatan ini berbarengan dengan kegiatan DKM Masjid, saya titip pesan untuk semua Ketua DKM Masjid agar mengajak KUA untuk memakmurkan Masjid, dan memperindah Masjid," tambah Kakanwil.
Kakanwil berharap kegiatan yang ada di Masjid tidak hanya sebatas kegiatan ibadah saja namun juga bisa menjadi pusat kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.
"Saya harap masjid kita yang ada di Bengkulu tidak hanya indah secara fisik saja, namun juga kegiatan yang ada di dalamnya, DKM harus menciptakan suasana yang nyaman di Masjid sehingga masyarakat merasa dekat dengan Masjid," pungkas Kakanwil.
Menutup sambutannya Kakanwil menegaskan agar KUA harus terus berbenah dalam melayani masyarakat.
"Tingkatkan pelayanan kepada masyarakat, munculkan inovasi yang bersentuhan langsung bagi masyarakat, karena masyarakat butuh pelayanan yang mudah, cepat, bersih, dan terbuka," tutup Kakanwil.
(Anugrah)