Usung Tema Gaya Hidup Berkelanjutan P5P2RA, MTs N 01 Kepahiang Ajak Siswa Tanam Apotek Hidup dan Sayuran

Usung Tema Gaya Hidup Berkelanjutan P5P2RA, MTs N 01 Kepahiang Ajak Siswa Tanam Apotek Hidup dan Sayuran

Kepahiang (Humas) --- Siswa kelas VII (Tujuh) MTs N 01 Kepahiang melaksanakan kegiatan penanaman apotek hidup dan sayuran sebagai bagian dari proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila, Selasa (12/08/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pengembangan karakter siswa serta meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya keberagaman flora di lingkungan sekitar dan pola makan sehat. Acara penanaman ini dilaksanakan di area kebun sekolah dengan melibatkan seluruh siswa kelas VII (Tujuh). Para siswa diajarkan cara menanam berbagai jenis tanaman obat, seperti kunyit dan jahe. Kegiatan ini dipandu oleh guru pembimbing yang memberikan bimbingan teknis serta penjelasan mengenai manfaat masing-masing tanaman.

Koordinator P5P2RA Kelas VII, Poppy Senopia, S, Pd. I., menyampaikan bahwa proyek ini adalah bagian dari upaya madrasah untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila, terutama dalam aspek kepedulian terhadap lingkungan dan kesehatan.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap siswa tidak hanya belajar tentang bercocok tanam, tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai gotong royong dan tanggung jawab,” sebut Poppy.

Selain penanaman, kegiatan ini juga mencakup sesi edukasi mengenai manfaat apotek hidup dan sayuran dalam kehidupan sehari-hari. Para siswa diharapkan dapat mempraktikkan pengetahuan yang diperoleh dengan merawat tanaman serta memanfaatkannya untuk kebutuhan keluarga dan lingkungan sekitar.

Kegiatan penanaman ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan, baik dalam hal peningkatan keterampilan praktis siswa maupun dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan mereka sehari-hari.(Fadhli)


TERKAIT

Berita LAINNYA