Untuk memastikan keakuratan, Tim Bimas Islam Kemenag BU Ukur Arah Kiblat

Bengkulu Utara ( Humas ) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara Dr.H. Nopian Gustatri, S.Pd.I., M.Pd.I., melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Hamid Muhakkam, S.HI.M.HI.,melaksanakan pengukuran arah kiblat pada Masjid Baitul Iksan Desa Bintunan Kec. Batik Nau dan Masjid Jamik Al-Akbar Kec. Lais, Selasa (9/7).

Kasi Bimas Islam mengatakan" Sesuai dengan Arahan Dari Kakan Kemenag Bengkulu Utara Dr.H. Nopian Gustatri, S.Pd.I., M.Pd.I., “ Kegiatan Kalibrasi Arah Kiblat ini adalah suatu upaya untuk memastikan keakuratan  Arah Kiblat. Dengan adanya pengukuran kalibrasi ini dapat kita ketahui arah solat kita sudah menghadap kiblat atau belum," ucapnya

Dalam kesempatan itu Hamid Muhakkam juga mengingatkan, kalibrasi arah kiblat ini  juga akan dilakukan pada masjid atau musallah diBengkulu Utara yang belum sempat di kunjungi.

"Kalibrasi arah kiblat itu penting dilakukan di setiap masjid dan mushalla sebagai sarana ibadah umat islam. Apalagi saat ini kemajuan teknologi sudah banyak yang bisa dipergunakan sebagai alat untuk mengukur arah kiblat yang benar," terangnya.

Sementara itu Kasi Bimas Islam, Hamid Muhakkam menambahkan arah kiblat tidak bisa dikira-kira dengan mengarah kebarat, perhitungannya harus benar-benar tepat dan akurat. Karena jika terjadi kesalahan maka akan berakibat fatal pada penentuan arah kiblat tempat ibadah umat Islam. Perbedaan satu derajat akan mengakibatkan selisih ratusan kilometer dari ka’bah. “tambahnya

“Pengukuran arah kiblat, merupakan salah satu layanan gratis Kemenag tanpa dipungut biaya sepersen pun. Pengukuran bisa dilakukan mulai dari mengukur arah kiblat masjid yang akan dibangun atau mengukur kembali arah kiblat masjid/musholla yang sudah jadi sejak lama. Masyarakat bisa mengirimkan surat permohonan ke Kemenag,” pungkasnya.( Yeni p )

 


TERKAIT

Berita LAINNYA