Tutup Kegiatan Akhir Semester 1, MTsN 1 Seluma Sukses Gelar Pramuka Blok

Seluma (Humas)- MTs Negeri 1 seluma  menggelar  Pramuka  metode Blok yang diadakan selama 2 hari mulai Senin s.d Selasa (11 s.d 12 Desember 2023) di lapangan madrasah. Kagiatan Pramuka  Blok  ini diikuti oleh seluruh siswa/siswi MTs Negeri 1 Seluma mulai  dari kelas 7 sampai kelas 9. Seluruh siswa dengan mengenakan seragam/atribut Pramuka  lengkap tampak sudah berbaris rapi di lapangan sejak pukul tujuh pagi. Kegiatan Pramuka  metode Blok di MTsN 1 Seluma ini secara resmi dibuka oleh Kepala Madrasah Isrul Aswanto, S.Pd., pada Senin (11/12). 
Dalam sambutanya Isrul Aswato, S.Pd., menekankan kepada siswa mengenai pentingnya mengikuti kegiatan Pramuka  metode Blok ini. Model Blok adalah pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan setahun sekali, berlaku bagi seluruh peserta didik, terjadwal, dan diberikan penilaian umum. Lebih lanjut Isrul menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kegiatan kepramukaan bagi siswa MTsN 1 Seluma sehingga mereka memiliki orientasi persepsi yang sama tentang manfaat pendidikan kepramukaan yang menjadi ekskul wajib bagi siswa di madrasah ini. Silakan kalian ikuti kegiatan ini dengan serius dan sungguh-sungguh. Karena kegiatan ini merupakan bagian dari ekskul wajib yang kegiatannya terjadwal dan terstruktur. Ujar Isrul.
Sementara itu Henggar Wiecaksono, S.Pd., selaku ketua panitia pelaksana kegiatan Pramuka  Blok  ini menjelaskan bahwa kegiatan yang digelar selama dua hari ini dilaksanakan secara indoor dan outdoor. Seluruh siswa pada hari pertama setelah mengikuti upacara pembukaan mendapatkan materi mengenai sejarah Pramuka, lambang dan simbol dalam Pramuka. Untuk sesi kedua adalah materi nilai-nilai dalam Pramuka  dan peran Pramuka  dalam membentuk kedisiplinan. Hadir sebagai narasumber utama pada kesempatan ini kak Jimi Carlo selaku sekretaris Kwarda Bengkulu. Sedangkan untuk hari kedua dilaksanakan secara outdoor dengan penampilan yel-yel masing-masing kelas dan latihan baris-berbaris bersama anggota Koramil Air Priukan seluma. Ditutup dengan penugasan materi Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka oleh wali kelas.  
Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar, seluruh siswa juga sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Ada beberapa kriteria penilaian sebagai dasar Bapak/Ibu guru memberikan nilai ekstra Pramuka  di raport nanti, diantaranya adalah kehadiran, keaktifan, penugasan dan kelengkapan atribut. Tutup Henggar. (Eka/HW)


TERKAIT

Berita LAINNYA