Tngkatkan Kualitas Pelayanan Haji, Kemenag RL Gelar Pembekalan Karu dan Karom.

Kemenag RL menggelar acara pembekalan, khususnya bagi mereka yang akan bertugas sebagai Karu dan Karom dalam pelayanan haji.

REJANG LEBONG (HUMAS) --- Usai Manasik Haji Kabupaten, Kementerian Agama Rejang Lebong menggelar acara pembekalan, khususnya bagi mereka yang akan bertugas sebagai Karu dan Karom dalam pelayanan haji. Acara yang diselenggarakan di lantai 2 gedung PLHUT Kemenag Rejang Lebong itu menjadi momentum penting dalam mempersiapkan para calon pemimpin regu dan rombongan haji.(30/04)

Pembekalan tersebut dilakukan langsung oleh Ketua Tim Pendaftaran Dokumen Haji Bidang PHU Kanwil Kemenag Bengkulu, H. Allazi, SE, yang membawa beragam pengalaman dan pengetahuan terkait penyelenggaraan ibadah haji. Turut hadir dalam acara ini adalah Kepala Kantor Kemenag Rejang Lebong, H. Lukman, S.Ag., M.H. dan Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh M.Adiatiawarman Budi, S.Ag., M.H.

Menurut Kakan Kemenag acara ini bertujuan untuk melatih dan mempersiapkan para Karu dan Karom agar mampu menjalankan tugas mereka dengan baik. "Para Karu dan Karom harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang aspek agama, manasik haji, serta keterampilan kepemimpinan yang diperlukan dalam mengatur dan membimbing jamaah haji," ungkap Lukman.

Tugas pokok Karu adalah menjadi Ketua Regu yang bertanggung jawab dalam meneruskan informasi dari Karom dan petugas kloter, serta menjaga kelancaran pelaksanaan ibadah haji bagi anggota regunya. Sementara itu, Karom sebagai Ketua Rombongan memiliki tanggung jawab dalam membantu pelaksanaan tugas ketua kloter dan mengatur anggota rombongannya agar mencapai kemabruran dalam melaksanakan ibadah haji.

Dalam seleksi Karu dan Karom, Kemenag Rejang Lebong memastikan para calon memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, seperti memiliki tingkat kesehatan dan kemampuan fisik yang baik, pengetahuan agama yang mencukupi, pengalaman berhaji/umrah, serta pengetahuan dan pengalaman dalam memimpin regu dan rombongan.

Acara pembekalan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan haji di Rejang Lebong dan memberikan pengalaman yang berharga bagi para Karu dan Karom dalam menjalankan tugas mereka.

 


TERKAIT

Berita LAINNYA