Suscatin Mandiri, KUA Lubuk Sandi Gaet Puskesmas Tumbuan

Seluma ( Humas ) - Kepala KUA Kecamatan Lubuk Sandi dan Puskesmas Tumbu’an memberikan kursus kepada calon Pengantin secara Mandiri  tentang Bimbingan pranikah  dan  pendampingan konseling dan pemeriksaan kesehatan 3 bulan pra nikah sebagai upaya pencegahan stunting di Kantor  Urusan Agama  Kecamatan Lubuk Sandi pada Selasa (21/11).

Dalam bimbingan perkawinan tersebut  Kepala KUA Kecamatan  Lubuk Sandi,  H.D. Hamdan Fauzi, S.Sos.I menyampaikan  arahan kepada calon pengantin bagaimana nantinya catin dapat mengelola dinamika perkawinan dalam kehidupan berkeluarga agar perkawinan yg diharapkan dapat sukses. Adapun materi disampaikan oleh Penyuluh Agama Islam  dan Penghulu.

" Upaya untuk Mewujudkan Makna Sakinah dan Mawaddah War-rahmah dalam Keluarga.Adapun  beberapa upaya yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan keluarga yang Sakinah dan Mawaddah War-Rahmah yaitu Upaya untuk memperbaiki pasangan, Menasehati dengan cara yang baik, Saling melengkapi dalam kekurangan berumah tangga, Berdzikir dan saling mengingatkan dan Memperbanyak membaca Al-Qur’an dan menuntut ilmu Agama.” Ujar M. Awaludin, M.Ag selaku pemateri.

Dalam sesi selanjutnya Tim Puskesmas Tumbu’an Kecamatan Lubuk Sandi (Ima, Amd.Keb) juga menyampaikan pentingnya calon pengantin mendapatkan pemeriksaan kesehatan 3 bulan sebelum pernikahan. Pemeriksaan kesehatan bermanfaat untuk Mengetahui status kesehatan calon pengantin (catin), Memberikan waktu pengobatan apabila ditemukan masalah kesehatan, Mencegah penularan penyakit kepada pasangan, khususnya dalam penerapan Aplikasi Elektronik Siap Nikah Siap Hamil ( ELSIMIL) bagi calon pengantin untuk Mempersiapkan kehidupan rumah tangga yang sehat, Mempersiapkan kehamilan dimana proses kehamilan membutuhkan cadangan nutrisi dari ibu. Persiapan gizi meliputi penentuan status gizi dan pemenuhan gizi seimbang. Status gizi bisa ditentukan dengan pengukuran Indek Massa Tubuh (IMT) serta pengukuran Lingkar Lengan atas bagi Catin perempuan dan menghasilkan keturunan yang sehat dan berkualitas. . Selain itu juga diperlukan imunisasi TT untuk mencegah penyakit Tetanus Toksoid. Selain itu calon Pengantin Sebelum menikah harus memiliki persiapan mental Karena pada saat pernikahan akan banyak terjadi penyesuaian terhadap karakter pasangan, penyesuaian peran, ekonomi dan sosial. (Eka /ERP)


TERKAIT

Berita LAINNYA