Siswa MIN 2 Kobe, Dapatkan Obat Cacing dari UPTD Puskesmas Telaga Dewa

Cegah Cacingan, Siswa MIN 2 Kota Bengkulu Dapatkan Obat Cacing dari UPTD Puskesmas Telaga Dewa Selebar

Kota Bengkulu (Humas) -- Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Telaga Dewa Selebar Kota Bengkulu, melaksanakan kegiatan pemberian obat cacing di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kota Bengkulu. Dalam pelaksanaannya, melibatkan seluruh siswa-siswi mulai dari kelas 1 sampai kelas 6, pada Senin 19 Agustus 2024.

Tita didampingi Surhaida, selaku penanggung jawab Program Kecacingan Puskesmas Telaga Dewa mengatakan, pemberian obat cacing merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap 6 bulan sekali dengan sasaran anak usia 2 sampai 12 tahun.

“Kegiatan kami ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan 2 kali setahun, yakni setiap 6 bulan sekali. Sebelumnya sudah dilakukan pada bulan Januari lalu, sehingga di bulan Agustus ini kami kembali melaksanakan pemberian obat cacing kepada siswa. Sasaran kita adalah anak usia 2 sampai 12 tahun. Sehingga di MIN 2 ini, seluruh siswa diberikan obat cacing mulai dari kelas 1 sampai kelas 6, tetapi  dikarnakan siswa kelas 1 sudah melakukan PIN Polio maka akan tetap diberikan obat cacing di bulan September mendatang”. Papar Ibu Tita begitu Tita ini akrab disapa.    

Ibu Tita menjelaskan, pemberian obat cacing bertujuan untuk menurunkan angka penyakit kecacingan pada anak, karena anak-anak memiliki risiko tertinggi terserang penyakit tersebut. Tita juga menghimbau kepada seluruh siswa agar disiplin dalam kebersihan diri.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah penyakit kecacingan pada anak. Penyakit ini bisa menyerang siapapun terutama anak sekolah karena anak-anak sering bermain di sembarang tempat, tidak mencuci tangan sebelum makan dan pergi bermain tidak pakai sandal. Jadi mudah sekali itu penyakit masuk ke dalam tubuhnya, khususnya penyakit cacingan. Kami juga menghimbau kepada anak-anak supaya disiplin, terutama kebersihannya. Harus rajin cuci tangan dan kaki, memotong kuku, dan lain-lain”. Tuturnya.    

Kepada MIN 2 Kota Bengkulu, Ach. Jainuri menyampaikan rasa syukur bahwa dengan adanya kegiatan ini berharap dapat menjadi ikhtiar bagi seluruh siswa-siswi MIN 2 Kota Bengkulu agar terhindar dari penyakit.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Kementerian Kesehatan, khususnya UPTD Puskesmas Telaga Dewa atas terlaksananya kegiatan ini. Semoga dengan kegiatan ini anak-anak kita yang ada di MIN 2 Kota Bengkulu ini bisa terhindar dari segala macam penyakit khususnya penyakit cacingan sehingga bisa tetap aktif hadir dan fokus mengikuti pelajaran”. Pungkasnya. (Devi/Humas)


TERKAIT

Berita LAINNYA