Sambut Peserta Didik Baru, MIN 2 Kota Bengkulu Gelar MATSAMA

Sambut Peserta Didik Baru, MIN 2 Kota Bengkulu Gelar MATSAMA

Kota Bengkulu (Humas) – Suasana meriah mewarnai pembukaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) bagi peserta didik baru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kota Bengkulu. Acara ini dihadiri oleh para siswa baru, orang tua, guru dan tenaga kependidikan  MIN 2 Kota Bengkulu. Acara ini dipandu oleh koordinator kegiatan MATSAMA, Dedi Ansyah,M.Pd, didampingi oleh dewan guru serta wali kelas. Kegiatan MATSAMA ini dilaksanakan selama empat hari, tanggal 15-19 Juli 2024, dari Senin, Rabu, Kamis hingga Jum”at, sedangkan pada hari Selasa siswa belajar fakultatif yakni melestarikan budaya  daerah dalam rangka Festival Tabut. Adapun tujuan MATSAMA ini dirancang untuk memperkenalkan siswa baru pada kehidupan di madrasah.

Bertempat di halaman depan madrasah siswa-siswi dikumpulkan dan berbaris di lapangan madrasah. Mereka mengikuti apel pembukaan MATSAMA. Dimulai pukul 07.15 WIB siswa-siswi mengikuti dengan antusias dan semangat. Kegiatan awal MATSAMA dilakukan dengan apel pembukaan yang dibuka oleh Kepala Madrasah, Ach Jainuri. Dalam sambutannya Kepala Madrasah memberikan amanah dengan memperkenalkan diri. Sesuai tema MATSAMA “Mewujudkan Generasi Cerdas, Mandiri, Bertanggung Jawab dan Berakhlak Mulia”. Beliau mengungkapkan bahwa seluruh rangkaian acara MATSAMA telah dipersiapkan dengan baik untuk memberikan kesan positif serta memperkenalkan lingkungan madrasah kepada para siswa baru.

“MATSAMA ini dirancang untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan madrasah, mengenal budaya sekolah, serta menjalin keakraban dengan teman-teman baru,” papar Ach Jainuri.

Kegiatan MATSAMA tahun pelajaran 2024/2025 ini dimulai dengan memperkenalkan lingkungan dan warga sekolah, khususnya untuk peserta didik baru kelas 1. Bagi peserta didik kelas 2 sampai kelas 6 juga mengikuti MATSAMA dengan membuat organisisasi kelas sekaligus perkenalan wali kelas yang baru.

Dengan adanya kegiatan MATSAMA ini diharapkan para siswa khususnya siswa baru dapat mengenal lingkungan dan warga sekolah. Mereka dapat mengenal kelas baru, guru baru, teman baru, dan lingkungan yang baru. Sedangkan, untuk kelas 2 sampai 6 kegiatan dapat lebih meningkatkan motivasi dalam belajar, sehingga dapat meraih hasil yang maksimal. (Devi/Humas)


TERKAIT

Berita LAINNYA