Rapat Koordinasi P5P2RA Kelas IX, MTsN 01 Kepahiang Fokus pada Rekayasa Pangan

Rapat Koordinasi P5P2RA Kelas IX, MTsN 01 Kepahiang Fokus pada Rekayasa Pangan

Kepahiang (Humas) --- MTsN 01 Kepahiang melalui guru serta siswa kelas IX (Sembilan) melaksanakan Rapat Koordinasi Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil Alamin (P5P2RA) dengan tema "Rekayasa dan Teknologi untuk Membangun NKRI", Jumat (19/07/2024)

Adapun sub tema yang diangkat pada rapat kali ini adalah "Rekayasa Pangan: Membuat Keripik Buah dan Sayur". Rapat yang dihadiri oleh koordinator beserta para guru pembimbing ini bertujuan untuk mengenalkan serta mengembangkan keterampilan dalam bidang rekayasa pangan. Keripik buah dan sayur dipilih sebagai fokus karena dapat menjadi solusi kreatif dalam mengurangi pemborosan bahan pangan serta meningkatkan nilai gizi makanan sehari-hari.

Menurut Kepala Madrasah MTsN 01 Kepahiang, Nurani, S. Pd. I. M. Pd, melalui Wakil Kepala bidang Kurikulum, Armizah, M. Pd., kegiatan ini sangat penting untuk melatih siswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan secara praktis.

"Dengan membuat keripik buah dan sayur, siswa dapat belajar tentang proses rekayasa pangan yang sesuai dengan tuntutan zaman serta kearifan lokal," ujar Armizah.

Koordinator P5P2RA kelas IX, Fetri Yenti, S. Pd., menjelasakan bahwa kegaiatan ini akan mengarahkan siswa aktif terlibat dalam proses pembuatan kripik dengan menggunakan metode pengeringan dan pengolahannya yang tepat. Mereka dibimbing untuk memilih bahan-bahan yang sehat dan berkualitas serta mempertimbangkan aspek keamanan pangan.

“Kegiatan seperti ini sangat menarik karena nantinya siswa bisa belajar sambil berkreasi. Kami berharap dapat mengembangkan ide-ide baru yang dapat bermanfaat bagi masyarakat," ungkap Fetri.

Rapat P5P2RA ini tidak hanya mengedepankan aspek teknis pembuatan kripik, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai karakter seperti kerja sama, kreativitas, dan tanggung jawab. Guru-guru pembimbing berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi kegiatan yang membangun keterampilan siswa dalam berbagai bidang. (Fadhli)


TERKAIT

Berita LAINNYA