Puskesmas Jembatan Kecil Lakukan Skrining Merokok Pada Siswa MTsN 1 Kota Bengkulu

Puskesmas Jembatan Kecil Lakukan Skrining Merokok Pada Siswa MTsN 1 Kota Bengkulu

Kota Bengkulu (Humas)-Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Bengkulu bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Jembatan Kecil melakukan skrining perilaku merokok kepada siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Bengkulu. Kegiatan diadakan di Masjid An-Nur MTsN 1 Kota Bengkulu, Selasa 1 Oktober 2024 mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Perilaku merokok saat ini tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, akan tetapi dilakukan juga oleh kalangan remaja. Maka, untuk meminimalisir jumlah remaja perokok di kalangan pelajar, Tim UPTD Puskesmas Jembatan Kecil melakukan skrining perilaku merokok pada remaja dengan sasaran siswa MTsN 1 Kota Bengkulu yang diikuti oleh 30 siswa.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan pengukuran kadar CO bagi siswa untuk mengetahui tingkat penggunaan rokok atau untuk mengetahui seseorang perokok atau bukan dan untuk mengukur karbon monoksida (CO) yang terdapat dalam nafas dan aliran darah seseorang, serta skrining ini dapat mendeteksi dini perilaku merokok pada usia sekolah. Di samping itu, juga untuk mendapatkan data awal serta melihat kadar perilaku merokok di lingkungan sekolah sebagai langkah awal untuk usaha berhenti merokok.

Sebelum melakukan kegiatan ini, Tim UPTD Puskesmas Jembatan Kecil lebih awal menemui Kepala Madrasah dengan maksud menjelaskan tujuan kunjungannya kali ini. Setelah mendapat izin, di dampingi oleh Tim UKS dan Tim BK MTsN 1 Kota Bengkulu, Tim Puskesmas Jembatan Kecil langsung menemui beberapa siswa  yang telah ditunjuk oleh pihak madrasah dan bertempat di masjid madrasah untuk melaksanakan agenda kunjungannya. 

Tim UKS dan Tim BK MTsN 1 Kota Bengkulu mengarahkan siswa untuk mengikuti kegiatan tersebut. Koordinator BK, Elsi Setiawati, S.Pd. mengatakan bahwa "Kegiatan ini penting untuk diikuti agar siswa mengetahui bahaya tentang merokok dan upaya-upaya yang ditempuh untuk berhenti merokok”. Ungkapnya

"Tindak lanjut dari hasil skrining yang di sampaikan oleh Tim UPTD Puskesmas akan di koordinasikan dengan pihak madrasah sebagai langkah awal pencegahan dari dampak buruk merokok demi mewujudkan pelajar yang sehat". Lanjut Elsi Setiawati, S.Pd.

(MTsN1KoBe/PopiHumas)


TERKAIT

Berita LAINNYA