Program Inovasi “Kemeja Gratis” Kemenag Kab. Kepahiang Bantu Ratusan UMKM Naik Kelas

Kemeja gratis merupakan singkatan dari Kemenag Kepahiang Jemput Halal Gratis

Kepahiang, (HUMAS) ---- Sebagai upaya mendorong optimalisasi pelayanan kepada masyarakat, Kantor Kemenag Kab. Kepahiang terus berinovasi dalam memberikan kemudahan layanan salah satunya melalui program “KEMEJA GRATIS”, Kemeja gratis merupakan singkatan dari Kemenag Kepahiang Jemput Halal Gratis,  yaitu program yang menggerakkan seluruh PPPH (Pendamping Proses Produk Halal) di Kabupaten Kepahiang untuk bergerak langsung melakukan sosialisasi dan registrasi serentak di lokasi sasaran yang telah di tentukan, mulai dari pasar kabupaten, pekan, maupun tempat wisata yang ada di kabupaten kepahiang. Program ini di gagas oleh Dewi Sartika, S. Sos selaku Agen Perubahan yang juga merupakan penyuluh agama islam sekaligus PPPH Kabupaten Kepahiang, program ini mampu mengangkat begitu banyak UMKM naik kelas. Dengan adanya program ini, UMKM dapat memperluas pasar produknya hingga ke luar negeri. Berkat akomodir dan kerjasama berbagai pihak, mulai Dari Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang, kerjasama lintas sektoral yang melibatkan Bupati Kepahiang, Dinas Industri Dan UMKM, Dinas Perdagangan dan Rumah BUMN Kabupaten Kepahiang dan seluruh PPPH Kabupaten Kepahiang, beberapa produk khas Kabupaten Kepahiang juga telah menembus pasar internasional, diantaranya Pak Sahid Kopi dan Dodol Dlondong Deso.

Dengan menggunakan sistem jemput bola,  seluruh PPPH terjun langsung ke lapangan untuk mendata pelaku usaha yang ada di lokasi sasaran dengan target mendata seluruh pelaku UMKM yang membutuhkan pendampingan sertifikat halal. Selain melakukan pendampingan sertfiikat halal, PPPH juga melakukan edukasi tentang pentingnya sertifikat dan label halal. Setelah sertifikat terbit, ppph juga akan melakukan proses penyerahan sertifikat yang telah terbit secara langsung kepada pelaku usaha.

Selain jemput bola, rangakaian lain dari program ini adalah sosialisasi secara online dan masif melalui media sosial masing-masing PPPH Kabupaten Kepahiang. Selain itu beberapa workshop kerja sama dengan dinas instansi yang menaungi pelaku usaha juga aktif dilakukan, seperti workhop kerja sama dengan Rumah BUMN Kabupaten Kepahiang, kerjasama dengan Anggota VIII DPR RI, Serta Dinas Industri dan UMKM. Berkat serangkaian kegiatan yang di lakukan dalam program kemeja gratis, mampu membawa Kabupaten Kepahiang meraih capaian sertifikat halal terbaik nomor 3 se provisni Bengkulu dalam gelaran kinerja Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu tahun 2023.


TERKAIT

Berita LAINNYA