Plt KUA Kecamatan Lubuk Sandi Ajak Seluruh pegawai Untuk Melakukan Pengukuran Arah Kiblat Pada senin 27 Mei 2024

Seluma (Humas) – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lubuk Sandi menggelar pengukuran arah kiblat dengan memanfaatkan peristiwa "rahshdul qiblah" atau momentum saat matahari melintas tepat di atas Ka’bah, sehingga bayang-bayang benda akan lurus ke arah kiblat. Kegiatan pengukuran itu dilakukan secara serentak di Kecamatan Lubuk Sandi Yang di pimpin langsung oleh Plt KUA Lubuk Sandi, ASN dan Non ASN . Diketahui matahari berada di atas Ka’bah pada hari  Senin (27/5/2024), tepatnya pada pukul 12.18 Waktu Arab Saudi atau Pukul 16.18 Waktu Indonesia Barat. Peristiwa ini adalah waktu yang tepat untuk masyarakat dunia menentukan dan meluruskan arah kiblat.

Kegiatan bertajuk “Hari Sejuta Kiblat" ini melibatkan seluruh Karyawan KUA Lubuk Sandi dan juga Pengurus Masjid.

Plt KUA Kecamtan Lubuk Sandi Iis Sumirat, S.HI kegiatan ini digelar untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang arah kiblat dan cara menentukannya.
Kegiatan bertajuk “ Sejuta kiblat” merupakan  inovasi untuk memberikan layanan kepada masyarakat yang lebih luas, secara masif dalam memberikan kepastian tentang arah kiblat. Dengan pengukuran arah kiblat akan memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada umat Islam,” ucapnya. IIs menyebut pentingnya peristiwa "Rahshdul Qiblah" sebab masyarakat jadi dapat memfiksasi arah kiblat tanpa aplikasi, hitungan ilmu astronomi yang rumit hingga tanpa tools perangkat yang kompleks.

Nanang Hermato M.HI Kasi Bimas Islam Kementerian Agama Seluma  pengukuran  arah Kiblat ini Hanya Dapat dilakukan Pada Senin 27 Mei 2024 Pukul 16.18 WIB. Dan menghimbau kepada  seluruh komponen untuk memanfaatkan sebaik – baiknya waktu ini  karena tidak setiap hari bisa dilakukan.(Naf/Rhm)

 


TERKAIT

Berita LAINNYA