Peserta Didik Kelas VI MIN 2 Kepahiang Lakukan Ujian Praktek

Peserta Didik Kelas VI MIN 2 Kepahiang Lakukan Ujian Praktek

Kepahiang (Humas) --- Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kepahiang melaksanakan Ujian praktek peserta didik kelas enam sebagai syarat ketuntasan belajar siswa di jenjang pendidikan Madrasah, ada beberapa mata pelajaran yang diujikan kepada peserta didik kelas enam, diantaranya mata pelajaran Fiqih, Al Qur'an Hadits, SBK dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) .

Pada hari Senin, (22/04/2024) merupakan hari terakahir siswa kelas VI mengikuti ujian praktek, ujian praktek yang dilangsungkan adalah mata pelajaran Al-Qur'an Hadits yang dibimbing Narsi Subaidah, S.Pd.I dan Eno, S.Pd. Materi ujian praktek Al-Qur'an Hadits yang diujikan adalah hafalan surat-surat pendek, pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan hadits tentang Keutamaan Memberi, untuk mata pelajaran yang lain telah dilaksanakan beberapa hari sebelum libur Ramadhan.

Untuk mata pelajaran IPA dibimbing Nasrun,S.Pd., SBK dibimbing oleh Ending Sahrudin, S.Pd sedangkan untuk mata pelajaran fiqih mengenai wudhu dan salat fardu yang dibimbing oleh Sahran Mardoni dan Budi Utomo, S.Pd.I.
Narsi Subaidah selaku penguji menuturkan bahwa kriteria penilaian ujian terdiri atas empat komponen, yaitu tajwid, makhraj, kelancaran, dan adab. Selain itu, salah satu tujuan dari ujian praktik Al-Qur'an Hadits adalah menanamkan jiwa cinta Al-Qur'an.
Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kepahiang Yusna Wati, S.Pd.SD.,  menyampaikan bahwa teori dengan praktek siswa harus selalu dapat disinkronkan, dengan kata lain teori yang diajarkan sesuai dengan praktek yang dilaksanakan Peserta Didik Kelas VI MIN 2 Kepahiang.
“Dengan adanya pelaksanaan ujian praktek ini, kita  mengharapkan para siswa dapat menerapkan dalam kehidupan sehari- hari, terutama dalam kegiatan agama dan ibadah” tutup Yusna. (Sahran)


TERKAIT

Berita LAINNYA