Persiapan Implementasi ILP, Kemenag Kepahiang Ikut Rapat koordinasi Program Lintas Sektoral

Rapat Koordinasi (Rakor) Program Lintas Sektoral Persiapan Implementasi Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer, Kamis (25 Juli 2024) di Aula Hotel Umroh Kepahiang.

Kepahiang, (HUMAS) --- ) Dalam upaya mendorong kesehatan masyarakat, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepahiang melalui Kasi PHU Harlen Devis Munandar, S.Sos.I, M.H turut berpartisipasi aktif dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Program Lintas Sektoral Persiapan Implementasi Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer, Kamis (25 Juli 2024) di Aula Hotel Umroh Kepahiang. Kolaborasi antara Kemenag dan Dinas Kesehatan ini diharapkan dapat memperkuat pelayanan kesehatan dasar dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat, terutama di daerah-daerah terpencil, karena Kemenag merupakan salah satu instansi yang memiliki unit dibawah nya yang langsung bersentuhan kepada masyarakat.

Gerbang Pelayanan Kesehatan dimasyarakat adalah Puskesmas, Pustu dan Posyandu. Pelayanan kesehatan saat ini tidak berorientasi pada pengobatan, akan tetapi lebih pada tindakan preventif (Pencegahan), untuk itu dibutuhkan Kerjasama dari berbagai pihak salah satunya adalah Kementerian Agama Kab. Kepahiang.

Dalam hal kegiatan lintas sektoral, ada beberapa pihak terkait yang dibutuhkan koordinasi dan kerjasama yang baik, Dinas kesehatan yang menjadi induk dari puskesmas, dinas PMD yang akan mengarahkan desa-desa untuk membantu penganggaran dana desa untuk kegiatan nasional yang berkaitan dengan layanan kesehatan, seperti stunting. Kemenag sebagai mitra yang menjadi tumpuan masyarakat dalam menyampaikan aturan ketat pernikahan dan pencegahan stunting diukur dari segi umur dan kematangan pernikahan serta pihak kecamatan yang mempunyai wilayah,a gar dapat mensosialisasikan secara masif tentang pelayan yang dilakukan oleh Dinas kesehatan  masing masing,

Kepala Kemenag Kepahiang, Drs. Albahri dalam kesempatan lain menyampaikan pentingnya sinergi antar sektor dalam mewujudkan program ini. "Kemenag memiliki jaringan yang luas hingga ke tingkat desa, sehingga dapat menjadi mitra strategis dalam mensosialisasikan program kesehatan kepada masyarakat. Kami berkomitmen untuk mendukung penuh upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat," ujarnya. (Bella)


TERKAIT

Berita LAINNYA