Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Air Periukan Cek Hapalan Bacaan Shalat Di TPQ Binaanya

Seluma ( Humas)---Tepat sore kemarin Penyuluhan Agama Islam Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Air Periukan Teten Ermawati yang juga sebagai pengajar terlebih orang tua di TPQ An-Nur desa binaannya, tentunya agar anak-anak santrinya pada akhirnya menjadi anak yang sholeh sholehah, berbakti kepada orang tua dan juga agamanya, kali ini Teten adakan tes kemampuan bacaan shalat sebagai salah satu rangkaian pembelajaran di TPQ An-Nur. Kamis (05/09/2024)

Salah satu Ustadzah TPQ An-Nur yaitu Mimi mengungkapkan bahwasanya Kegiatan ini dimulai pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai yang di ikuti oleh seluruh santri dan santriwati TPQ An-Nur dengan 2 ustadzah sebagai tenaga pengajar bertempatkan di Musholla An-Nur desa Padang Pelasan dan selain tes bacaan sholat, Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) An-Nur juga ada beberapa pembelajaran yaitu cukup banyak seperti hafalan surah pendek, mengaji Iqro atau Qur’an, praktik wudhu dan sholat. “Saya berharap dengan materi yang diterapkan di TPQ An-Nur dapat menjadikan santri bisa sholat, dan memiliki banyak hafalan,” ungkap Mimi".

Hal ini pulalah yang terus gencar dilakukan TPQ An-Nur yang beralamatkan di desa Padang Pelasan Tepatnya desa Binaan Penyuluh Agama Islam Teten Ermawati setiap harinya mengajarkan pendidikan agama kepada para santri salah satunya mengajarkan sholat fardhu beserta bacaannya, Teten juga mengatakan belajar solat adalah salah satu bagian dari kurikulum TPQ An-Nur yang di terapkan di TPQ ini, Metode ini juga yang dipakai dalam mengajarkan biasanya dengan praktek bacaan langsung, sementara santri mengikuti, setiap hari santri juga di biasakan sholat berjama’ah, di kelas maupun di Masjid dengan dibimbing oleh ustadz atau ustadzahnya masing-masing,” ungkap Teten.

Hal senada juga disampaikan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Air Periukan Harun, S.Ag, MH. mengapresiasi pihak TPQ  yang mengutamakan pendidikan agama, Harun juga berharap dengan pendidikan agama bisa membentuk karakter santri lebih baik kedepannya, bacaan dan sholat jadi salah satu ibadah utama dalam agama islam. Bahkan, saking pentingnya ibadah ini, ada hadist yang menyebut bahwa sholat merupakan tiang agama, Ibadah sholat yang hukumnya fardhu ain, atau yang artinya wajib dilaksanakan setiap umat islam ada 5 (lima) yaitu subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya, "tandasnya".(Naf/Lili)


TERKAIT

Berita LAINNYA