Penyuluh Agama Islam KUA Kec. Air Periukan Laksanakan Bimbingan dan Penyuluhan Remaja di SMPN 21 Seluma

Beberapa hari yang lalu, tepatnya Senin 05 Februari 2023,  KUA Air Periukan melalui Penyuluhan Agama M. Wahid Syafiuddin, M.Ag melaksanakan penyuluhan remaja di SMPN 21 Seluma.

Kegiatan ini adalah bentuk kerjama Koordinator Guru PAI yakni Dian Kartika Ariyani dengan pihak KUA Kecamatan Air Periukan. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap satu tahun sekali, yakni dalam rangka memperingati Hari Besar Islam  Isra dan Mi'raj Nabi Muhammad Saw.

Kepala Sekolah SMPN 21 Seluma  Devi F, S.Pd, M.Pd menyampaikan “kegiatan ini sangat baik dan mendukung pengembangan pembelajaran para siswa, terlebih untuk menambah keimanan dan ketaqwaan siswa kepada Allah SWT,  Dengan cara kembali mempelajari sejarah kehidupan Nabi Muhammad Saw”.

Dalam sesi penyuluhan ini, M. Wahid Syafiuddin, M.Ag menyampaikan  materi dalam bentuk ceramah agama. Beberapa hal penting yang menjadi perhatian untuk para siswa sebagai hikmah peringatan Isra dan Mi'raj;

1. Menjaga Kebersihan diri dan jiwa ketika hendak melakukan sholat (berwudhu), karena sholat adalah ibadah yang langsung berhubungan dengan Allah SWT. Hal ini sebagaimana diilhami dari proses Isra dan Mi'raj Nabi, yakni setelah sampai di Masjid Aqsha (sebelum mi'raj= naik ke langit tertinggi untuk menerima perintah sholat) dada Nabi dibelah dadanya, lalu dibersihkan dengan air zamzam, dan diisi dengan hikmah dan keimanan.

2. Perintah Sholat yang ada dalam Peristiwa Isra dan Mi'raj ini jika dilaksanakan dengan tertib akan mengajarkan kita menjadi disiplin. Termasuk disiplin ketika berangkat dan pulang dari sekolah.

3. Sebagaimana Kisah Nabi yang berani menyampaikan kebenaran peristiwa Isra dan Mi'raj kepada umatnya dan Kafir Quraisy. Ini menjadi pelajaran bagi kita bahwa sampaikan kebenaran meskipun pahit rasanya (Qulil Haqqa Walau Kana Murron). Jika memang itu datangnya dari Allah SWT.

 kegiatan Penyuluhan remaja sangat bermanfaat untuk generasi muda yaitu anak remaja pada saat sekarang ini, serta meningkatkan mutu akhlak remaja untuk selalu mengingat peristiwa Isra dan mi’roj (Naf/Mws)


TERKAIT

Berita LAINNYA