Penyuluh Agama Islam Kecamatan Air Periukan Tingkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur'an Di Kalangan Generasi Muda

Seluma (Humas) --  Penyuluh Agama Islam Kantor Urusan Agama Kecamatan Air Periukan Nikma Nur Rohma, S.H.Iterus memperkuat perannya dalam melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada generasi muda, khususnya dalam bidang peningkatan kualitas baca tulis Qur'an di TPQ Ar-Rohman desa Tawang Rejo Kecamatan Air Periukan. Rabu (25/09/2024)

Seperti biasanya Kegiatan belajar-mengajar di TPQ Ar-Rohman berlangsung setelah sholat Magrib hingga pukul 20.00 WIB yang bertempat di Musholla Ar-Rohman. Kegiatan belajar-mengajar dilaksanakan setiap malam sabtu sampai dengan malam Kamis, jadwal Kegiatan belajar-mengajar malam tadi diawali dengan berdo'a bersama kemudian dilanjutkan dengan belajar mengaji dengan menggunakan metode Iqra' dan Al-Qur'an, Setelah belajar mengaji biasanya dilanjutkan dengan kegiatan lain sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan yaitu tulis baca Al-Qur'an.

Sesuai jadwal yang ada, dalam pertemuan kegiatan tadi malam Nikma menjelaskan tentang Kata tanya yang dalam bahasa Arab disebut juga Istifhâm yang menyatakan bentuk kalimat dipergunakan untuk mendapatkan informasi yang jelas tentang suatu masalah yang belum diketahui sebelumnya atau disebut juga dengan kata tanya, Kata tanya dalam Al-Qur'an ada banyak sekali letaknya bisa berada di awal, tengah, atau akhir ayat seperti Siapa مَنْ, Berapa كَمْ, Apa مَا, Di mana أَيْنَ, Bagaimana كَيْفَ, Kenapa لِمَاذَا, Kapan مَتَى, Apa yang مَاذا, Apakah هَلْ, Apakah أَ. Jelas Nikma.

Salah satu fokus utama dari penyuluhan ini adalah memperdalam cara menulis dan membaca serta memastikan pengucapan huruf seperti kata tanya yang langsung di tulis di papan tulis, dalam upayanya Nikma aktif melakukan pembinaan di berbagai tempat termasuk TPQ Ar-Rohman, dan Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya membaca Al-Qur'an sesuai dengan kaidahnya yang mencakup pengucapan huruf-huruf hijaiyah dengan tepat. 

Terpisah Selaku kepala Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Air Periukan Harun, S.Ag, MH.Dengan program ini, generasi muda yang ada di TPQ Ar-Rohman diharapkan dapat mengembangkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an yang lebih baik, serta menjadi generasi yang mampu menjaga kemurnian bacaan Al-Qur'an di tengah tantangan zaman, mengingat begitu pentingnya pendekatan yang bersifat praktis dalam pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ), tutup Harun.(Naf/Lili)


TERKAIT

Berita LAINNYA