Penghulu  KUA Kecamatan Air Periukan Ikuti Rapat Koordinasi Rencana Kegiatan Bimbingan Teknis Kepenghuluan

Seluma (Humas), Penghulu PPPK KUA Kecamatan Air Periukan, Umar Hidayatullah, S.Sos.I, ikut menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Penghulu guna rencana Kegiatan Bimbingan Teknis Kepenghuluan di KUa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu pada hari kamis, 29 Agustus 2024, kemaren. Kegiatan di laksanakan dimulai pukul 09.00 Wib hingga selesai pada Jumat (30/8).

Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh Penghulu PPPK Provinsi Bengkulu yang berjumlah 24 orang. Dimana 4 orang diantaranya adalah utusan dari Seluma, yakni Umar Hidayatullah, M. Ardiansyah, Ilham Alif Al-Mubarok dan Syukri Sutami Harahap. Hadir juga dalam kegiatan tersebut an. Kabid Urais H. Parizal dan Pengurus APRI Provinsi Bengkulu Juadi (ketua), Noprizon (sekretaris) dan Jeksen (Bendahara).

Umar Hidayatullah, selaku utusan dari Seluma bahwa diagendakan kegiatan terlaksana di MAN 1 Kota Bengkulu, akan tetapi karena persoalan teknis kegiatan akhirnya di laksanakan di Aula Balai Nikah KUA Kecamatan Selebar Kota Bengkulu.

Rapat Koordinasi yang dilaksanakan kemaren secara global membahas terkait rencana kegiatan Bimbingan Teknis bagi Penghulu, khusus Penghulu PPPK yang memang belum pernah mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu, agar secara prosedur teknis dan aturan yang berlaku dalam bidang kepenghuluan dapat dikuasai dalam menjalankan tugas pelayan Nikah dan Rujuk di KUA secara profesional dengan memiliki kompetensi yang memadai. (Ungkap Umar).

Kepala KUA Kecamatan Air Periukan, Harun, S.Ag,. M.H (selaku Penghulu senior) mengungkapkan bahwa salah diperlukan Pelatihan Bimbingan Teknis Kepenghuluan bagi semua penghulu P3K yang khususnya berada di Kabupaten Seluma, mengingat bahwa legalitas pelatihan menjadi penting ketika terjun ke masyarakat. Banyak hal yang mungkin secara teknis dapat dipelajari secara mandiri, tetapi yang yang bersifat aturan baku yang mengikat, termasuk operasional prosedur pelayan dan konsultasi bagi Penghulu, sangat urgen diadakan pelatihan bimbingan teknis. Semoga kegiatan tersebut segera terlaksana. Kepada saudara Umar Hidayatullah, saya sebagai kepala KUA merekomendasikan untuk mengikuti kegiatan tersebut, baik diselenggarakan di BDK Palembang nantinya dan diselenggarakan di Bengkulu dengan menghadirkan para pemateri Widyaiswara ke sini.(Eka/MWS)


TERKAIT

Berita LAINNYA