PAI KUA Sungai Serut Sampaikan Manfaat Bagi yang Rajin Sholat Subuh

PAI KUA Sungai Serut Sampaikan Manfaat Bagi yang Rajin Sholat Subuh

Kota Bengkulu (Humas) - Penyuluh Agama Islam (PAI) Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sungai Serut, M. Supriyono, S.Pd.I, M.Pd. menjelaskan manfaat luar biasa yang akan didapat jika rajin Sholat Subuh, baik itu berjamaah di Masjid maupun Sholat sendiri di rumah.

Ungkap Supriyono yang merupakan PAI Ahli Madya itu, jika kamu rajin Sholat Subuh, manfaat pertama yang kamu rasakan pertama, disaksikan langsung oleh para malaikat, hal ini dijelaskan dari Sabda Rasulullah SAW tertera pada Hadist Riyawat Bukhari Nomor 137 dan Muslim Nomor 632 yang artinya, "Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada Sholat Fajar".

Lalu nomor dua, kata Supriyono, dengan menjalankan Sholat Subuh akan dihitung seperti ibadah Sholat semalam penuh, Allah SWT menjanjikan kepada hamba-hambanya bahwa bagi mereka yang menjalankan ibadah Sholat Subuh, maka ibadah mereka tersebut akan dihitung setara dengan ibadah Sholat semalam penuh.

Pernyataan tersebut, kata Supriyono juga tertera pada Hadist Riwayat Muslim Nomor 656 yang artinya, "Barang siapa yang Sholat Isya berjamaah maka seolah-olah dia telah Sholat malam selama separuh malam, dan barangsiapa Sholat Subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah Sholat seluruh malamnya".

Dijelaskan lebih lanjut oleh Supriyono, untuk yang ketiga, dengan menjalankan Sholat Subuh akan berada dalam jaminan Allah, bagaimana kamu masih ingin melalaikan Sholat Subuh, jika Allah saja memberikan kelebihan jaminan darinya bagaimana hambanya yang melaksanakan Sholat Subuh?.  Ini dijelaskan dari Sabda Rasulullah SAW yang tertera pada Hadist Riyawat Muslim nomor 163 yang artinya, "Barang siapa yang Sholat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah". Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminannya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminannya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupnya diatas wajahnya dalam neraka jahanam". Ujar Supriyono saat melanjutkan membaca ayat dan artinya dari Hadits diatas, Selasa (24/9/2024).

Lalu yang keempat, kata Supriyono, rajin Sholat Subuh menjadi pencegah masuk neraka, untuk itu, manfaatkanlah kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT, tanpa terkecuali kesempatan untuk melaksanakan kewajiban bagi seorang muslim yakni Sholat Subuh.

Tentunya, dengan melaksanakan Sholat Subuh kita akan terhindar dari ancaman neraka yang mungkin berada didepan mata, hal ini dijelaskan dari sabda Rasulullah SAW, yang tertera pada Hadist Riwayat Muslim Nomor 634 yang artinya, tidaklah akan masuk  neraka orang yang melaksanakan Sholat Subuh sebelum terbitnya matahari (yaitu Sholat Subuh).

"Dan Sholat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu Sholat Ashar)". Ungkap Supriyono saat melanjutkan membaca ayat beserta artinya. (Fadian/PopiHumas)


TERKAIT

Berita LAINNYA