MTsN 2 Rejang Lebong Sosialisasikan ANBK Kepada Wali Murid

REJANG LEBONG (HUMAS) --- Pada acara silaturahmi wali murid yang diadakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Rejang Lebong yang dilaksanakan pada Hari Sabtu, 07 September 2024 bertempat di Musholla Madrasah, para orang tua dikejutkan dengan pengenalan ujian dengan sistem Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Acara yang berlangsung meriah ini tidak hanya menjadi ajang pertemuan antara wali murid dan guru, tetapi juga memperkenalkan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat.

Sebelum pelaksanaan Pengenalan ANBK, ada kegiatan Perkenalan masing–masing personil madrasah yang disampaikan oleh Kepala Madrasah Bapak Wawan Herianto, S.Pd., MM. Selanjutnya dilaksanakanlah pengenalan ANBK, dengan memaparkan berbagai aspek dari ANBK, mulai dari metode yang digunakan hingga hasil yang diharapkan. Evaluasi ini dilaksanakan untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) para siswa. “Kami percaya bahwa anak mampu untuk melaksanakan assesmen ini, dan tugas kami adalah memfasilitasi dan membimbing mereka dalam proses pembelajaran,” ujar wawan dengan penuh semangat.

ANBK adalah singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer. ANBK diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) sebagai pengganti ujian nasional. Asesmen Nasional atau ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Program evaluasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Sementara survei karakter digunakan untuk mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa. Adapun survei lingkungan belajar untuk mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan. Demikian dipaparkan oleh Wawan.

Dengan silaturahmi pengenalan ANBK ini, MTs Negeri 2 Rejang Lebong berharap dapat memberikan evaluasi terbaik bagi setiap siswa. Para guru dan staf sekolah juga berkomitmen untuk terus mendampingi dan memberikan yang terbaik bagi para siswa.

Acara silaturahmi ini ditutup dengan sesi tanya jawab yang interaktif, di mana para wali murid dapat langsung bertanya kepada Kepala Madrasah, para guru dan Staf. Semangat dan antusiasme yang terpancar dari para wali murid menunjukkan bahwa mereka mendukung dengan positif ujian dengan sistem ANBK ini. (apriliandi)


TERKAIT

Berita LAINNYA