MTsN 2 Rejang Lebong Gelar Simulasi ANBK

REJANG LEBONG (HUMAS) --- Penyelenggaraan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada hari Kamis (5/9/2024) di Laboratorium Komputer MTs Negeri 2 Rejang Lebong berjalan lancar. Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan siswa menghadapi ANBK yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 sampai 12 bulan September mendatang.

Sebanyak 45 peserta didik terpilih untuk mengikuti kegiatan ini, yang dibagi menjadi tiga sesi. Setiap sesi diikuti oleh 15 peserta, dengan tujuan memberikan pengalaman dan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses ANBK.

Simulasi ANBK ini diikuti oleh siswa kelas VIII (Delapan) yang berjumlah 45 orang dan 5 cadangan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesiapan sarana prasarana yang dibutuhkan dan juga memberikan gambaran kepada siswa mengenai pelaksanaan ANBK, termasuk jenis soal, dan teknis penggunaan komputer.

Rustam, selaku Teknisi pelaksana ANBK, menyampaikan harapannya agar para peserta ANBK dapat memahami cara login dan menguasai menu bar yang ada di beranda layar komputer selama kegiatan berlangsung. "Ini kegiatan yang sangat penting untuk memastikan bahwa para peserta ANBK sudah terbiasa dengan sistem yang akan digunakan saat ujian sesungguhnya." ujar Rustam.

Kepala MTs Negeri 2 Rejang Lebong Bapak Wawan Herianto, S.Pd.,MM menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan ini karena dapat membantu siswa dan proktor madrasah mengetahui gambaran ANBK yang akan diikuti nanti pada tanggal 9 sampai 12 di bulan September mendatang.

"Kami berharap melalui simulasi ini dapat lebih memahami tata cara pelaksanaan ANBK dan dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik, sehingga nanti ketika pelaksanaan ANBK akan berjalan lancar dan meminimalisir kesalahan. Simulasi ini juga menjadi ajang bagi kami untuk mengidentifikasi kendala-kendala teknis yang mungkin terjadi sehingga dapat diantisipasi sebelum pelaksanaan ANBK yang sesungguhnya," ungkapnya.

Sebagai penutup, Wawan kembali mengingatkan bahwa gladi ini bukanlah akhir, melainkan langkah awal untuk lebih mempersiapkan diri. "Kami akan terus memantau dan melakukan pendampingan  agar para siswa siap menghadapi ANBK dengan penuh percaya diri," pungkasnya. (apriliandi)

 


TERKAIT

Berita LAINNYA