Materi Hadis Tematik Tentang Maulid Nabi ; Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Air Periukan Laksanakan Bimluh di MT Ath-Thohiroyyah

Seluma (Humas), Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Air Periukan, M. Wahid Syafiuddin, pada hari ini laksanakan bimbingan dan penyuluhan di MT Ath-Thohiroyyah Desa Kungkai Baru bertajuk Materi Hadis Tematik tentang Maulid Nabi. Bertempat di rumah salah satu anggota Majelis Taklim, Hjh. Ngatiyah. (06-09-2024).

Menurut M. Wahid Syafiuddin, materi Hadis Tematik adalah materi hadis pilihan tentang tema tertentu yang disampaikan di pertemuan Majlis Taklim hari ini. Yakni hadis yang dirujuk dari Kitab Shohih Muslim Karya Imam Muslim. Adapun redaksi hadisnya adalah ; 
أن رجلا سأل النبي صلعم عن الساعة. فقال متى الساعة ؟ قال : ماذا اعددت لها ؟. قال : لا شيء, إلا اني أحب الله ورسوله صلى الله عليه وسلم. قال : انت مع من احببت (في الجنة) ... الخ (رواه البخاري).
Artinya : Bahwa telah datang kepada Nabi seorang laki-laki (A'raby dari pelosok daerah) kepada Nabi Muhammad Saw, yang bertanya tentang hari Kiamat. Ya Rasul ; Kapan kiamat terjadi ?. Rasul menjawab ; apa yang sudah kami persiapkan untuk menghadapinya ?. Ia menjawab ; tidak ada ya Rasul, tetapi aku sesungguhnya mencintai Allah dan Rasulnya Saw. Lalu Rasul bersabda lagi ; Kamu akan bersama dengan orang yang engkau cintai (di surga Allah SWT). (H.R. Imam Bukhari).

Hadis ini, menurut Wahid, disampaikan sebagai syiar untuk menyemarakkan hadirnya bulan Rabiul Awwal, yang notabene bukan kelahiran Nabi Agung, Manusia terbaik, penutup Nabi dan Rasul Muhammad Saw. Yakni pada 12 Rabiul Awwal 571 M, yang telah lalu. Oleh katanya hadis ini sekaligus menjadi hujjah dan dalil bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, yang berisikan lantunan-lantunan sholat, pembacaan Maulid Al-Barzanji, Acara Pengajian Akbar dan lain sebagainya menjadi sebuah keniscayaan bagi kita. Dimana adalah ummat Nabi yang berharap syafaat di Hari Kiamat.

Hadis ini sekaligus menjadi legitimasi bahwa orang yang mencintai Nabi saja tidak cukup, tetapi juga mencintaimya dengan mengamalkan Sunnah dan ajarannya, yakni Risal Islam. Dapat dipastikan masuk surga Allah SWT. (Ungkap Wahid, sembari mengakhiri taushiah-nya).(Naf/Mws)


TERKAIT

Berita LAINNYA