kemenag

Mantapkan Ibadah Jamaah, TIM Hisab Rukyat BS Kalibrasi Kiblat Nurul Amal

Bengkulu Selatan (Humas) - Layanan pengukuran dan kalibrasi arah kiblat sebagai bagian dari tugas dan layanan Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan untuk memfasilitasi umat Islam dalam menentukan arah kiblat dengan menggunakan alat-alat standar dan modern.

Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan H. Irawadi, S.Ag,. MH melalui Gara Zawa, Elyasmadi, SH sebagai tim kalibrasi kantor Kemenag Kabupaten Bengkulu Salatan, yang didampingi oleh tim kalibrasi pengukuran arah kiblat kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu pada Seksi Kemasjidan, Hisab Rukyat, dan Bina Syari’ah Bidang Urais  dan disaksikan oleh BKM Masjid Nurul Amal melaksanakan kegiatan pengukuran  ulang dan kalibarasi arah kiblat di Masjid Nurul Amal yang berlokasi di Jalan Gerak Alam RT. 10 Kelurahan Kota Medan Kota Manna, Kamis (04/07/24).

Penyelenggara Zawa Kemenag BS Elyasmadi, SH menyampaikan bahwa Pelaksanaan pengukuran arah kiblat berjalan dengan lancar, sesuai SOP pengukuran yang telah di tetapkan. Kegiatan tersebut juga merupakan sarana dan kesempatan untuk belajar bagi tim Hisab Rukyat Kemenag BS  yang pada tahun 2024 ini alhamdulillah mendapatkan bantuan alat theodolite digital topcon dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI.

Disampaikan oleh ketua tim Hisab Rukyat Kanwil Kemenag Bengkulu hahwa theodolite digital topcon merupakan alat yang digunakan untuk mengukur sudut vertikal dan horizontal posisi sebuah benda serta dapat mengukur jarak, membuat garis lurus, dan bidang datar diatas permukaan tanah. Sehingga tingkat akurasi yang di hasilkan dapat mencapai atau mendekati seratus persen.

Pengurus BKM Masjid Nurul Amal Desmantoro, S.Hut menyampaikan sangat mengapresiasi dan ucapan terima kasih atas kegiatan yang dilaksanakan. Semoga hasil kalibarasi tersebut semakin memantapkan jamaah dalam melaksanakan ibadah sholat di masjid Nurul Amal. (Necy/Toni)


TERKAIT

Berita LAINNYA